KNPI Gelar Kongres Lagi di Ancol?

Logo KNPI
Logo KNPI

Gemapos.ID (Jakarta) - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) menyelanggarakan Kongres (pertemuan besar) ke-XVI di Ancol, Jakarta pada 8 hingga 9 Juli 2022.

Dalam Kongres ini, Putri Khairunnisa terpilih menjadi Ketua Umum DPP KNPI periode 2022-2025. 

Kongres di Ancol itu dikatakan merupakan lanjutan dari Kongres Maluku Utara bulan lalu yang dianggap memiliki berbagai kejanggalan.

“Semoga akan membawa keceriaan bagi KNPI dalam memajukan bangsa. Bukan ketua yang matang pagi, mentah sore,” kata Putri Khairunnisa, Sabtu (9/7/2022).

Khairunnisa saat ini sedang menempuh Pasca Sarjana Kajian Ketahanan Nasional di Universtas Indonesia (UI).

Sebelumnya, pada 8-10 April 2022 KNPI juga menggelar Kongres yang disebut dari gabungan kubu-kubu KNPI yang sempat pecah dan melebur dalam Satu Kongres-Satu KNPI dengan misi mempersatukan pemuda Indonesia.

Dalam Kongres XVI di Jakarta itu, Muhammad Ryano Satrya Panjaitan terpilih sebagai Ketua Umum DPP KNPI untuk periode 2022-2025.

“Kongres digelar untuk memilih kepengurusan KNPI bersatu sebagai wadah berhimpunnya organisasi kepemudaan. Sudah saatnya kembali menempati rumah bersama demi persatuan pemuda Indonesia semakin kuat. Mari kita bergandengan tangan agar pemuda Indonesia menjadi kuat,” ujar Ryano dalam sambutannya kala itu.

Sebelum ditetapkan secara aklamasi ada tiga calon yang maju pada kongres tersebut. Mereka itu adalah Ryano, Devanda Aditya Putra, dan Lisman Hasibuan.

Organisasi kepemudaan ini sendiri diketahui memang memiliki persoalan internal terkait dualisme kepemimpinan. (rk)