Gubernur DKI Jakarta Ingatkan Warga Waspadai Cuaca Ekstrem

Ilustrasi cuaca ekstrem
Ilustrasi cuaca ekstrem

Gemapos.ID (Jakarta) - Melalui cerita di akun Instagram @aniesbaswedan yang terpantau di Jakarta, hari ini (17/2/2022), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan warga Jakarta untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem yakni curah hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi disertai angin kencang dan petir yang diperkirakan terjadi pada 17-23 Februari 2022.

Selain itu, ia juga menghimbau agar mewaspadai potensi gelombang tinggi. Terkait hal tersebut, Anies meminta warga apabila dalam kondisi darurat dapat menghubungi nomor telepon 112.

Sementara itu, BMKG mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan ke depan, di beberapa wilayah Indonesia. Kondisi tersebut dipicu oleh peningkatan aktifitas dinamika atmosfer seperti aktifnya "Madden Julian Oscillation" (MJO) yang saat ini berada pada fase tiga di sekitar Samudera Hindia dan menunjukkan kontribusi cukup signifikan terhadap pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia.

Selain itu, kondisi tersebut juga diperkuat dengan fenomena gelombang atmosfer yaitu gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial yang cukup aktif di beberapa wilayah.

Setelah itu, adanya pola tekanan rendah yang memicu terbentuknya pumpunan dan belokan angin, yang diperkuat juga dengan adanya pengaruh labilitas udara dalam skala lokal.

Karena itu, BMKG memberikan peringatan dini terhadap potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang, serta gelombang tinggi salah satunya diprediksi terjadi di wilayah DKI Jakarta.

Masyarakat diimbau agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang dapat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, genangan, tanah longsor, angin kencang, hingga pohon tumbang.(ant/ar)