Pj Gubernur Heru: Semua Program Perbaiki Kualitas Udara Jakarta Berjalan Efektif

Jakarta cityscape (foto: gemapos/ istock)
Jakarta cityscape (foto: gemapos/ istock)


Gemapos.ID (Jakarta)- Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, semua program dan kebijakan untuk memperbaiki kualitas udara di Jakarta bisa dilaksanakan secara efektif.

"Karena (kontribusi) kita semua. Efektif semualah (program)," kata Heru di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa.

Hal itu disampaikan Heru menanggapi beredarnya sejumlah foto Jakarta dengan latar langit yang lebih cerah dan tidak terlalu berkabut di akun resmi Instagram Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta.

Menurut Heru, setiap program yang sudah dan masih berjalan di pemerintah daerah, pemerintah pusat maupun swasta secara perlahan dapat memperbaiki kualitas udara di Jakarta.

Birunya langit Jakarta, kata Heru, tidak hanya karena program Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang melakukan rekayasa cuaca melalui Teknologi Modifikasi Cuaca dengan metode "water mist spraying".

"Sedikit-sedikit memiliki persentase untuk memerangi polusi," ujar Heru.

BNPB bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan pihak terkait lainnya berupaya mengurangi polusi udara di wilayah Ibu Kota Jakarta dengan metode "water mist 

spraying" (penyemprotan kabut air).

"Operasi ini telah dilaksanakan sejak Senin (4/9) hingga Senin (11/9) dengan durasi terbang selama 82 jam 50 menit dan membawa 70.500 liter air yang disemprotkan untuk membentuk evaporasi buatan di langit Jakarta," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya disiarkan di Jakarta, Selasa.

Abdul mengatakan, pelaksanaan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) tersebut dilakukan menggunakan dua pesawat Cesna.

Gubernur DKI Jakarta periode 2007-2012 Fauzi Bowo atau Foke saat bertemu Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono juga mengaku bahagia bisa melihat langit Jakarta kembali berwarna biru.

"Saya gembira sudah lihat langit biru lagi, lihat ga? Lihat ke atas langit biru," kata Foke di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat.

Foke meminta agar pemerintah dapat mencermati penyebab polusi udara di Ibu Kota sehingga dapat mengendalikan polisi udara tersebut.

"Saya rasa kurang relevan untuk membandingkan masyarakat Jakarta, pemerintah dan gubernurnya memerlukan udara bersih di Jakarta, itu yang perlu kita upayakan. Tolong aja dicermati penyebabnya mungkin bisa dikendalikan lebih lama," kata Foke.(ri)