Startup Social Commerce Dagangan Hadirkan Layanan Belanja Online

Ilustrasi Startup Social Commerce Dagangan dalam menyiapkan produk
Ilustrasi Startup Social Commerce Dagangan dalam menyiapkan produk

Gemapos.ID (Jakarta) - Dagangan sebagai startup social commerce berbasis teknologi asal Indonesia, memperkenalkan layanan pemenuhan kebutuhan primer untuk masyarakat pedesaan sehingga dapat berbelanja dari rumah dan barang dikirim langsung dalam 1x24 jam tanpa ongkos kirim.

Dagangan, menawarkan efisiensi waktu dan biaya menjadi opsi yang menguntungkan, bagi masyarakat yang tinggal di desa dan daerah kecil lainnya yang membutuhkan waktu berjam-jam untuk berbelanja di kota terdekat.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh salah satu pengguna Dagangan, Ibu Suherna dari Desa Prapag Lor, Kecamatan Losari, Brebes, membenarkan hal ini.

“Biasanya saya membutuhkan waktu 2-3 jam untuk menuju pasar dan membeli stok kebutuhan pokok. Namun, semenjak menggunakan aplikasi Dagangan, saya dapat menghemat waktu dan biaya. Saya bisa belanja dari rumah dan barang pesanan langsung diantar ke rumah,” kata Suherna.

Sementara itu, Unicef melaporkan, selama pandemi Covid-19, lebih dari 20% masyarakat di area pedesaan mengalami pembengkakan biaya untuk kebutuhan pokok sebagai akibat dari terbatasnya mobilitas. 

“Masyarakat yang tinggal di desa kini memiliki kesempatan yang sama dengan masyarakat perkotaan dalam hal pemenuhan kebutuhan sehari-hari secara lengkap dan terjangkau, tanpa mengeluarkan biayatambahan untuk pengiriman”, kata Ryan Manafe, CEO dan Co-founder Dagangan.

Model operasional hubs-and-spoke Melayani masyarakat yang tinggal di daerah, atau wilayah Tier 3 dan 4, mulai menjadi perhatian di berbagai lini bisnis di Indonesia, terutama bisnis ritel. 

Hal ini mengacu kepada fakta bahwa tiga dari lima orang Indonesia, pemegang ekonomi terbesar di Asia Tenggara, tinggal di luar wilayah perkotaan. Hal ini menjadikan Dagangan, yang memilih untuk memfokuskan operasionalnya pada area Tier 3 dan 4, memiliki posisi yang kuat dalam rantai nilai pasok.

Startup ini juga menjalin sinergi dengan tokoh masyarakat, pengusaha lokal, dan UMKM, di daerah pedesaan yang memegang peranan penting dalam berinteraksi dengan warga sekitar. Pendekatan ini dinilai tepat dan efisien terutama untuk penetrasi ke daerah rural yang sebelumnya sulit dijangkau.

“Model operasional hubs-and-spoke ini membantu para produsen besar baik skala nasional maupun internasional, untuk menjangkau daerah yang sebelumnya sulit dijangkau karena keterbatasan logistik. Saat ini kami memiliki lebih dari 40 hubs yang tersebar di beberapa titik di area rural sehingga pengiriman kebutuhan pokok ke konsumen menjadi lebih cepat dengan biaya logistik yang lebih efisien,” kata Maha Willy Chandra, COO dan Co-founder Dagangan.

Model bisnis Dagangan menjadikan warga desa mampu memperoleh keuntungan dari partisipasinya sebagai distributor, reseller, maupun agen berbagai barang kebutuhan primer, dan bahkan sebagai pemilik warung atau pembeli eceran.

Selain itu, Dagangan juga mendukung pemberdayaan masyarakat dalam berwirausaha dengan memfasilitasi para produsen produk lokal unggulan dari berbagai daerah, untuk mengakses pasar yang lebih luas. 

Kini ada ratusan produk lokal yang telah menjangkau pasar nasional melalui berbagai saluran distribusi, baik tradisional, modern, maupun digital. Hingga saat ini, Dagangan telah melayani lebih dari 100.000 transaksi dan menjangkau lebih dari 8.000 desa di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Ke depannya, Dagangan akan terus memperluas cakupan operasionalnya, baik di Jawa maupun luar pulau, sehingga lebih banyak lagi penduduk rural di Indonesia yang dapat menikmati layanannya.(rls/ri)