Menkominfo Terus Kembangkan Talenta Digital, Apa yang Dilakukan?

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate

Gemapos.ID (Jakarta) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjalankan program pelatihan digital dalam tiga tingkatan. Adapun tingkatan tersebut yaitu melalui Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD), tingkat menengah dalam Program Digital Talent Scholarship (DTS), dan tingkat atas melalui Program Digital Leadership Academy (DLA).

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, pengembangan kapasitas SDM digital bukan hanya tugas Kementerian Kominfo semata. Ada peran kementerian dan lembaga serta ekosistem di Indonesia. Sejalan dengan pembangunan infrastruktur digital yang berlangsung, Kementerian Kominfo juga meningkatkan kapasitas  talenta digital agar bisa memanfaatkan infrastruktur yang ada.

Hal tersebut disampaikan dalam Forum Pemimpin Redaksi “Mendigitalkan Indonesia: Retrospeksi 2021 dan Outlook 2022 Kementerian Kominfo, di Grand Hyatt Jakarta Pusat, Selasa (28/12/2021). Pembangunan infrastruktur harus juga bisa digunakan dan dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat,” jelas Menteri Johnny.

Kementerian Kominfo, lanjutnya mengambil inisiatif untuk melakukan program terkait dengan peningkatan kualifikasi dan kualitas sumberdaya manusia digital Indonesia dimulai dari level yang paling bawah yaitu basic skills. (TO)