PDIP Jakarta Sebut Terbuka Jika Anies Ingin Daftar Cagub DKI

Anies Baswedan. (Foto: gemapos/arsip)
Anies Baswedan. (Foto: gemapos/arsip)

Gemapos.ID (Jakarta) - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jakarta mempersilahkan Capres, Anies Baswedan untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon gubernur (bacagub) dalam Pilkada DKI 2024.

Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah DPD PDIP DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak mengatakan, pihaknya terbuka jika Anies ingin mencalonkan diri dari PDIP.

"Kalau memang Bung Anies berniat maju lewat PDIP, sekarang saatnya pendaftaran di DPD. Sistemnya terbuka, silakan mendaftar. Ini masih tahap awal, nanti diputuskan oleh DPP," kata Gilbert, Rabu (8/5/2024).

Gilbert menambahkan, keputusan final apakah Anies bakal didukung oleh PDIP akan ditentukan oleh DPP. Pimpinan pusat PDIP bakal melihat rekam jejak yang dimilikinya.

"Tergantung penilaian DPP, dan rekam jejak calon tersebut," tambah Gilbert.

Seperti diketahui, Anies menyelesaikan satu periode kepemimpinannya di DKI Jakarta pada 2022. Ia kemudian maju di Pilpres 2024 bersama Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Ia disebut-sebut akan maju lagi untuk periode kedua sebagai calon Gubernur Jakarta di 2024. Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut tidak menutup kemungkinan mencalonkan Anies kembali di Pilkada Jakarta.

Pada saat yang sama, PDIP telah menyiapkan sejumlah nama untuk Pilkada DKI Jakarta mendatang. Beberapa di antaranya mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, mantan Panglima TNI Andika Perkasa, Menteri Sosial Tri Rismaharini, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Belakangan, ada isu yang menyebut Anies akan berduet dengan Ahok.

Merespon itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto buka suara soal wacana duet Anies dan Ahok. Hasto mengatakan, PDIP membuka pintu selebar-lebarnya bagi anak bangsa terbaik.

"PDIP tetap membuka ruang bagi anak-anak bangsa yang berprestasi," kata Hasto pada wartawan, Selasa, 7 Mei 2024. (ns)