Respon soal PAN Lirik RK di Pilgub DKI, Golkar: Ikut Kebijakan Partai

Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily. (foto: gemapos/DPR RI)
Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily. (foto: gemapos/DPR RI)

Gemapos.ID (Jakarta) - Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily merespon pernyataan Ketum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) soal peluang Ridwan Kamil (RK) maju di Piemilihan Gubernur DKI Jakarta 2024. Ace mengungkapkan sejauh ini RK memang ditugaskan untuk dicalonkan di Pilkada DKI Jakarta dan Pilkada Jawa Barat 2024.

"Pak RK memang ditugaskan di dua daerah yaitu Jakarta dan Jawa Barat," kata Ace kepada wartawan, Jumat (10/5/2024).

Ace sendiri sejatinya masih mendorong RK untuk dapat kembali maju di Jabar. Namun dia menyerahkan keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai terkait kepastian penugasan RK itu.

"Namun, sebagai Ketua Golkar Jawa Barat secara tegas mendorong Pak RK untuk menjadi calon gubernur Jawa Barat. Kami tentu menyerahkan kepada DPP Partai Golkar tentang penugasan Pak RK akan di daerah mana," kata Ace.

Kendati demikian, Ace yakin RK memahami mekanisme kepartaian sehingga akan mengikuti kebijakan partai nantinya.

"Saya percaya bahwa Pak RK ini tahu fatsun berorganisasi. Beliau ini Wakil Ketua Umum Partai Golkar. Jadi pasti akan mengikuti apa yang sudah menjadi kebijakan Partai Golkar," ujar Ace.

Zulhas sebelumnya membicarakan ancang-ancang pengusungan calon gubernur (cagub) di Pilkada DKI Jakarta 2024. Dari sejumlah tokoh yang masuk bursa, dia menyebut nama RK berpeluang kuat maju di Pilgub DKI.

"RK? RK Insyaallah di Jakarta," kata Zulhas usai acara Bimtek dan Rakornas PAN di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (9/5).

Zulhas kemudian menyampaikan rencana koalisi di Pilkada DKI. Dia memastikan partainya akan bergandengan dengan Partai Gerindra.

"Pilkada terus kita akan beriringan dengan Gerindra," kata Zulhas.(ns)