Jalur Sulit, Polda Sulteng Turunkan Helikopter Jemput Surat Suara

Polda Sulteng turunkan bantuan helikopter untuk angku surat suaradi TPS Dusun Watu Bamba. (gemapos/Tangkapan Layar)
Polda Sulteng turunkan bantuan helikopter untuk angku surat suaradi TPS Dusun Watu Bamba. (gemapos/Tangkapan Layar)

Gemapos.ID (Jakarta) TPS 5 Dusun Watu Bamba, Desa Taronggo, Kecamatan Bungku Utara Kabupaten Morowali Utara, menjadi TPS dengan medan cukup sulit dijangkau. Berjarak 70 km dari Kota Kecamatan Bungku Utara dan hanya dapat dilalui dengan berjalan kaki selama tiga hari tiga malam.

Diketahui bahwa situasi ini membuat pendistribusian Kotak suara harus dilakukan dengan susah payah. Mereka harus berjalan kaki sejauh 70 kilometer selama tiga hari tiga malam, melintasi tebing gunung bebatuan, menyusuri delapan sungai besar dan belasan anak sungai ditambah lagi cuaca hujan.

Hal tersebut membuat pemungutan suara yang harusnya dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 14 Februari 2024 harus ditunda, dan pemungutan suara baru dilaksanakan pada hari Jumat Tanggal 16 Februari 2024.

“Pemungutan suara di TPS 5 Dusun Watu Bamba Desa Taronggo Kecamatan Bungku Utara harus ditunda, akibat keterlambatan pendistribusian Logistik Surat Suara yang diakibatkan jarak tempuh yang sangat jauh yang harus dilalui dengan jalan kaki selama tiga hari tiga malam, dan jalur yang dilewati cukup ektrim dan cuaca saat itu hujan”Ucap Kapolres Morowali Utara AKBP Imam Wijayanto, dikutip dari laman Media Polri, Sabtu (17/2/2024).

Adapun salah satu personel Polres dan satu orang warga tidak dapat melanjutkan perjalanan untuk mendistribusikan surat suara akibat mengalami cidera.

“Salah satu dari dua anggota kami yang melakukan pengawalan, mengalami cidera pada kaki saat mengawal Kotak suara, anggota kami tersebut tergelincir saat melalui jalan yang ekstrim dimana saat itu cuaca sedang turun hujan, sedangkan satu warga mengalami sakit pada kaki akibat kelelahan sehingga keduanya tidak bisa melanjutkan perjalanan untuk mendapatkan pertolongan, ” terang Kapolres.

“Kemarin (16/2/2024) telah dilaksanakan pemungutan suara di TPS 5 Watu Bamba dan pagi tadi telah dijemput dengan menggunakan Satu Unit Helikopter jenis Bell 439 /P-302 bantuan dari Polda Sulawesi Tengah dan tiba dengan selamat di Lapangan Kecamatan Bungku Utara yang kemudian dibawah di PPK Kecamatan Bungku Utara” tambah Kapolres.

Sementara itu, Kabidhumas Polda Sulteng Kombes Polisi Djoko Wienartono mengungkapkan bahwa adanya langkah pemberian bantuan berupa satu Helikopter jenis Bell 429/P-302 untuk mempercepat pengiriman surat suara dari PPS ke PPK. Palu Sabtu (17/2/2024).

Selain itu, Kombes Pol Djoko Wienartono, juga menuturkan bahwa TPS Dusun Watu Bamba Desa Taronggo Kecamatan Bungku Utara ini merupakan salah satu TPS yang melaksanakan Pemungutan Suara Susulan (PSS) dikarenakan keterlambatan logistik.

“Polda Sulteng dan Polres jajaran akan terus berkomitmen membantu apabila ada kendala dilapangan yang dapat menghambat pelaksanaan pemilu 2024, sehingga pelaksanaan tahapan pemilu dapat berlangsung dengan aman dan lancar,” tandasnya. (kt)