Pemilu 2024, Jakarta Bakal Siapkan Sejumlah Fasilitas Pendukung

Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono  saat menghadiri rapat koordinasi optimalisasi kesiapan pengamanan pemungutan dan penghitungan suara di wilayah hukum Polda Metro Jaya,  Jakarta Pusat, Senin (29/1/2024).  (foto:gemapos/beritajakarta)
Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono saat menghadiri rapat koordinasi optimalisasi kesiapan pengamanan pemungutan dan penghitungan suara di wilayah hukum Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Senin (29/1/2024). (foto:gemapos/beritajakarta)

Gemapos.ID (Jakarta) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menyebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkomitmen menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024 dengan menyediakan berbagai fasilitas pendukung.

Hal itu diungkapkan saat menghadiri rapat koordinasi optimalisasi kesiapan pengamanan pemungutan dan penghitungan suara di wilayah hukum Polda Metro Jaya, bersama jajaran Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya, di Hotel Sahid, Jakarta Pusat, Senin (29/1/2024).

 

 

Adapun fasilitas yang disediakan, seperti penyediaan gedung sekretariat bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), kantor sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kelurahan/kecamatan, gudang logistik dan tempat rekapitulasi suara, jaringan internet di 44 tempat rekapitulasi suara, serta dukungan tenaga pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan distribusi logistik.

 

"Upaya optimalisasi pengamanan menjadi penting untuk memastikan bahwa setiap suara dihitung secara adil dan akurat. Tentunya, turut mencegah potensi kecurangan maupun gangguan lainnya yang dapat mengganggu kelancaran proses tahapan pemungutan dan penghitungan suara di wilayah Jakarta," katanya, dalam Siaran Pers Pemprov DKI Jakarta.

 

Tidak hanya itu, ia juga menekankan beberapa hal, seperti pentingnya sinergi antara aparat keamanan, dengan menempatkan personel keamanan di titik-titik strategis guna meningkatkan kewaspadaan dan mencegah potensi gangguan atau ancaman lainnya.

 

Selain itu, melibatkan tenaga kesehatan pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara untuk mengantisipasi adanya petugas yang kelelahan.

 

Heru juga mengimbau agar koordinasi antara KPU, Bawaslu, Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, serta instansi terkait lainnya diperkuat, demi memastikan semua tahapan dapat berjalan lancar dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

 

"Bersama kita perkuat sinergi untuk menyukseskan Pemilu 2024 sebagai bentuk komitmen mewujudkan Sukses Jakarta untuk Indonesia," tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ia mengajak seluruh pihak bersinergi untuk mendukung kelancaran pelaksanaan setiap tahapan pemilu tahun 2024. (rk/*)