Pj Gubernur Wanti-wanti Jajaran Pemprov Sultra Jelang Cuti Lebaran

Penjabat (Pj.) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto. (gemapos/pemprov Sultra)
Penjabat (Pj.) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto. (gemapos/pemprov Sultra)

Gemapos.ID (Jakarta) - Penjabat (Pj.) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto memberikan arahan saat hari terakhir masuk kerja menjelang libur dan cuti bersama Idul Fitri 1445H kepada seluruh jajaran Pemprov Sultra, di Kantor Gubernur, Jumat (5/4).

Andap Budhi meminta seluruh jajaran tetap memberikan pelayanan publik yang terbaik kepada masyarakat meskipun libur panjang dalam rangka cuti bersama dan libur Hari Raya Idul Fitri 1445H / 2024 M. Khusunya bagi layanan yang sifatnya urgen seperti kesehatan dan penanggulangan kebencanaan.

"Para Kepala Perangkat Daerah agar mengatur petugasnya dengan baik, jangan sampai pelayanan publik seperti di Rumah Sakit dan Puskesmas, destinasi wisata, pemadam kebakaran, penanggulangan bencana daerah termasuk intens koordinasi ke para pihak terkait seperti TNI Polri, PLN, dan lain sebagainya," ujarnya.

Andap Budhi selanjutnya menginstruksikan untuk menjaga situasi keamanan di lingkungan kerja pada masing - masing kantor dan juga lingkungan sosial tempat tinggal sebelum berangkat cuti dan libur lebaran.

"Hari ini adalah hari terakhir kerja, sebelum berangkat cuti agar dicek keamanan lingkungan kerja dengan sterilisasi seluruh ruangan. Pastikan kembali jaringan listrik, air, perangkat elektronik, dan lain sebagainya dalam keadaan clear sehingga Insya Allah aman ketika ditinggal cuti," tegasnya.

"Petugas jaga, agar tingkatkan kewaspadaan. Siapkan rencana dan langkah-langkah kontijensi hadapi situasi darurat atau unpredictable seperti korslet listrik, dan lain sebagainya. Kita tidak berharap itu terjadi, tapi dari awal kita harus siap," tambahnya.

Ia juga menghimbau jajarannya untuk tidak menggunakan kendaraan dinas di luar kepentingan kantor dan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Kendaraan dinas digunakan untuk kepentingan dinas saja, bukan untuk kepentingan pribadi. Himbauan ini tidak berlaku hanya saat libur lebaran, tetapi juga di hari-hari biasa," himbau Pj Gubernur.

Andap juga menekankan jajarannya menyelesaikan target kerja pada Triwulan (TW) I sebelum libur panjang lebaran, serta mengingat telah memasuki Triwula II.

"Jangan pernah menunda-nunda pekerjaan, apabila menunda dapat berimplikasi pada capaian target kinerja," tambahnya.

Ia juga mewanti-wanti para jajaran Pemprov Siltra memberikan contoh yang baik untuk masyarakat baik dalam berucap maupun tidakan. Sehingga mampu menjaga nama baik Pemerintahan Pemprov Sultra sebagai pelayan masyarakat.

Perkembangan teknologi dengan sosial media menurutnya dapat memberikan informasi cepat untuk aktivitas pegawai dan ASN yang ada.  

"Ingat, di setiap individu aparatur, melekat citra dan nama baik Pemprov Sultra. Apabila viral, silahkan viral yang positif seperti menolong orang dan tindakan positif lainnya. Mari kita jaga marwah Pemprov ini," tegas Pj Gubernur.

Hal penting lainnya, menurut Andap adalah waktu kembali bekerja dari cuti dan libur bersama Idul Fitri 1445H. Ia menekankan untuk seluruh pegawai Pemprov Sultra tepat waktu kembali bekerja sesuai aturan yang ditentukan, yaitu pada 16 April 2024.

"Jangan ada Pegawai yang datang terlambat saat kembali cuti, absensi hari pertama masuk setelah pelaksanaan cuti yakni pada hari Selasa 16 April 2024 mendatang. Para Kepala Perangkat Daerah agar didata absensi Pegawainya nanti, akan saya cek," tutup Andap. (rk)