Pemkot Jakarta Pusat Panen Cabai Serentak di 27 Lokasi

Pemprov DKI Jakarta Panen Cabai sebagai upaya memastikan stabilitas harga dan ketersediaan kebutuhan pokok jelang Nataru, Rabu (20/12/2023).(gemapos/Antara)
Pemprov DKI Jakarta Panen Cabai sebagai upaya memastikan stabilitas harga dan ketersediaan kebutuhan pokok jelang Nataru, Rabu (20/12/2023).(gemapos/Antara)

Gemapos.ID (Jakarta) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat  panen cabai serentak di Kelurahan Karet Tengsing, Tanah Abang, upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan menjelang akhir tahun 2023.

“Hasil panen cabai sebagian akan dijual untuk (hasil penjualannya) dimanfaatkan pada musim tanam berikutnya,” ujar Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma, Karet Tengsing, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (20/12/2023).

Menurut Dhany sebagian hasil panen cabai tersebut akan didistribusikan kepada masyarakat untuk meningkatkan ketahanan pangan serta sebagai upaya menurunkan inflasi di Jakarta Pusat.

Dia juga mengatakan bahwa penen cabai serentak wilayah Jakarta Pusat tersebar di 27 lokasi berbeda yang bertempat di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) hingga ke area swadaya masyarakat.

Panen ini tersebar di 27 lokasi berbeda yang bertempat di RPTRA, kelompok tani, sekolah-sekolah dan area swadaya masyarakat. Total menghasilkan panen 378 kg cabai," lanjut Dhany.

Diketahui bahwa kegiatan panen cabai serentak ini juga dilakukan oleh para wali kota se-Jakarta di wilayah masing-masing, dan dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono lewat daring.

Beberapa kepala daerah juga turut melakukan kegiatan ini meliputi kepala daerah Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Tengah hingga Sulawesi Selatan.

Dihimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menggunakan lahan yang ada agar ditanami tanaman produktif yang dapat dimanfaatkan secara mandiri.

“Kita berharap masyarakat dapat memanfaatkan lahan pekarangan, rooftop maupun pot-pot kecil untuk ditanami tanaman produktif seperti cabai yang saat ini harganya cukup tinggi sehingga kita bisa mengendalikan inflasi sekaligus meningkatkan ketahanan pangan,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan panen cabai serta meluncurkan puluhan armada untuk Gerakan Pangan Murah (GPM) sebagai upaya memastikan stabilitas harga dan ketersediaan kebutuhan pokok jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Kepada seluruh wali kota dan bupati yang hadir dalam kegiatan panen massal ini, saya mengucapkan selamat (memanen). Kita akan panen dan mudah-mudahan ketahanan pangan terus stabil dan berkelanjutan," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Jakarta Timur, Rabu (20/12/2023).

Setelahnya Heru turut memantau harga bahan pokok di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur. Dalam kesempatan tersebut, Pemprov DKI turut melepas puluhan armada untuk GPM yang akan menjual produk berkualitas dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dengan harga terjangkau. (ns)