507 Personel Polres Tanah Karo Amankan Kejuaraan Dunia Jetski Aquabike 2023

Polres Tanah Karo gelar apel pagi untuk memberikan pengarahan dalam amankan Kejuaraan Dunia Jetski Aquabike 2023. (gemapos/Humas Polri)
Polres Tanah Karo gelar apel pagi untuk memberikan pengarahan dalam amankan Kejuaraan Dunia Jetski Aquabike 2023. (gemapos/Humas Polri)

Gemapos.ID (Jakarta)   Polres Tanah Karo kerahkan 507 personel untuk amankan lomba ketahanan (endurance) Kejuaraan Dunia Jetski Aquabike 2023 yang akan digelar pada 22-26 November 2023 di Pantai Sinalsal, Tonggi, Kabupaten Karo.

“Jumlah personel sebanyak 507, gabungan dari Polres Tanah Karo dua per tiga kekuatan yaitu 208 orang. Ditambah lainnya seperti bantuan dari Polda (Sumut) 98 orang yang terdiri dari Ditsamapta Polda. Lalu ada Brimob, penjinak bom, serta melibatkan K9 (Anjing pelacak),” ujar Kapolres Tanah Karo AKBP Wahyudi Rahman, Rabu (22/11/2023).

Diketahui bahwa Endurance merupakan salah satu kategori dalam ajang Kejuaraan Dunia Jetski Aquabike 2023 di Danau Toba. 

Menurut keterangan dari Wahyudi bahwa pegamanan kejuaraan ini bukan hanya dilakukan oleh kepolisian saja, namun juga di perkuat dengan adanya personel dari TNI, serta Satpol PP dan BPBD yang turut dikerahkan oleh pihak Pemkab Karo.

Sebelum kegiatan pengamanan dilakukan, Kapolres melakukan apel pagi terlebih dahulu untuk memberikan pengarahan kepada seluruh unsur pengamanan yang akan bertugas mengamankan area perlombaan, masyarakat serta peserta lomba.

“Tapi pagi kami sudah melaksakan apel kesiapan pengamanan untuk mengatasi gangguan kamtibmas di acara ini. Tentunya kami bekerja sama dengan seluruh stakeholder terkait untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat dan menciptakan ruang aman dan nyaman,” lanjutnya.

Adapun beberapa potensi yang dapat menganggu kamtibmas menurut Polres Tanah Karo yakni copet dan juga curanmor. Untuk mengantipasi hal tersebut, Polres Tanah Karo akan memperketat titik-titik yang menjadi jalan masuk.

Sesuai dengan agenda yang ada, kejuaraan ini akan dilangsungkan pada 22-26 November 2023, diikuti oleh 128 pembalap yang berasal dari 22 negara, 10 diantaranya yakni berasal dari Indonesia yang tampil melalui jalur wildcard.

Agenda tersebut akan dimulai dengan nomor endurance yang akan berlangsung di Kabupaten karo yang bertajuk Karo Cup, diikuti oleh 41 pembalap.

Hari berikutnya akan dilanjutkan dengan tajuk Dairi Cup yang akan digelar di Kabupaten Dairi. Kategori endurance akan ditutup dengan tajuk Samosir Cup pada 24 November, berlangsung di Kabupaten Samosir. Total rute yang akan dilewati oleh para pembalap dalam kategori ini adalah 188 km.

Setelah itu, adapun Grand Prix (GP) Danau Toba 2023 yang akan memainkan nomor sirkuit di Kota Balige, Kabupaten Toba pada 25-26 November serta akan diikuti oleh 77 pembalap dengan lima kategori yakni Ski GP, Runabout GP1, Ski Ladies GP1, Freestyle dan Parallel Slamom. (kt)