Cara Alami Untuk Tampil Menawan Tanpa Menyiksa Diri

Ilustrasi - seorang yang tengah melakukan olahraga demi kesehatan dan kebugaran. (gemapos/Halodoc)
Ilustrasi - seorang yang tengah melakukan olahraga demi kesehatan dan kebugaran. (gemapos/Halodoc)

Gemapos.ID (Jakarta)  - Sebagian besar orang sangat gemar untuk mendandani diri demi mencapai standar rupawan atau cantik. Namun sayangnya, upaya memperbaiki tampilan dilakukan malah berbalik menganiaya raga dari ujung rambut hingga kaki demi menghadirkan keelokan sesaat, tapi berefek panjang bagi kesehatan tubuh.

Lantas bagaimana cara mendapatkan penampilan menawan tanpa menyiksa badan?

Bagi Kebanyakan orang, penampilan fisik adalah hal utama untuk menarik perhatian orang lain. Hal ini tidak hanya berlaku pada para selebritas yang memang membutuhkan tampilan visual rupawan untuk menunjang profesi. Namun, masyarakat biasa pun saat ini memiliki perhatian yang lebih dalam hal penampilan, mengupayakan pembiayaannya untuk kecantikan, bahkan kadang mengalahkan kebutuhan pokok sehari-hari.

Seolah kurang terima dengan apa yang Tuhan anugerahkan atas tubuh yang sempurna, nyaris semua anggota badan mendapatkan sentuhan perbaikan. Rendahnya tingkat penerimaan diri atau rasa bersyukur atas apa yang ada dalam dirinya menjadi faktor pendorong tingginya angka kunjungan ke salon dan klinik kecantikan. Sebagian besar orang bukan sekadar melakukan perawatan diri, melainkan juga melakukan upaya untuk mengubahnya menjadi sosok baru yang berbeda dari aslinya.

Sosok asli ciptaan dari “pabrikan” kerap dianggap terlalu biasa, sehingga harus dipermak dengan berbagai teknologi paling mutakhir, dari teknik laser hingga operasi bedah plastik.

Hasil awalnya tampak memesona, namun tak berapa lama tubuh bereaksi atas tindakan itu. Di kemudian waktu, timbulah efek samping yang merusak rupa fisik lebih buruk dari aslinya.

Tuhan telah menciptakan sesosok manusia dengan perhitungan yang amat matang hingga detail-detail terkecil, semua telah sempurna dan proporsional. Seperti ukuran dan model wajah, bentuk mata, alis, hidung, bibir dan lain sebagainya. Begitu pun dengan panjang lengan, kaki hingga jari-jemari yang sesuai dengan ukuran tinggi dan besar badan. Maka segala usaha untuk mengubahnya, akan berakhir dengan hasil yang tampak aneh, karena merusak setelan aslinya.

Di Indonesia, sejumlah selebritas banyak yang telah melakukan operasi plastik dengan menjalani bedah estetis (kosmetik) untuk memperindah penampilan yakni operasi silikon pada dagu, bibir, kelopak mata, serta hidung

Akibatnya yang ditimbulkan yaitu menjalani operasi pengangkatan silikon puluhan kali demi terhindar dari kanker kulit, dan operasi itu akan terus berlangsung sepanjang hidupnya.

“Banget, banget, ya nyesel lah, namanya, ya Allah (mau cantik). Iya benar kecantikan adanya di hati. Kalau hati cantik dijamin ke muka cantik,” ujar si artis, menyesal.

Berikut adalah cara dan langkah alami untuk menjadikannya tampil percaya diri dan menarik

1.       Olahraga.

Penampilan menawan terkait erat dengan kondisi kesehatan seseorang. Tanpa tubuh yang sehat dan bugar, tampilan fisik tak akan menarik. Karenanya, aktivitas olahraga sangat dianjurkan untuk menjaga kebugaran tubuh. Kegiatan olahraga bisa apa saja, tergantung sarana dan prasarana yang tersedia di lingkungan rumah, tidak harus pergi ke pusat kebugaran. Aktivitas fisik sederhana, seperti bersepeda, jalan atau lari pagi, senam dan berenang adalah jenis-jenis olahraga murah meriah yang dapat dilakukan semua kalangan

2.       Makanan bernutrisi.

Tubuh yang sehat mensyaratkan terpenuhinya makanan dengan gizi seimbang. Banyak milenial di perkotaan (anak kos) yang mengutamakan pembelian produk perawatan kecantikan hingga mengorbankan kebutuhan makan bernutrisi, tentu menjadi pengorbanan yang sia-sia. Karena kecantikan akan lahir dari tubuh sehat oleh karena tercukupinya nutrisi yang dibutuhkan. Semisal, bibir yang lembab dan segar membutuhkan kecukupan vitamin C yang diperoleh dari konsumsi buah-buahan. Pemakaian pemulas bibir berharga mahal akan percuma bila diaplikasikan pada bibir pecah-pecah akibat kekurangan vitamin C. Begitu pun kelembaban dan kesegaran kulit juga terkait dengan konsumsi makanan dan minuman bergizi

3.       Damai.

Perasaan damai berkenaan dengan sikap penerimaan diri yang pada gilirannya berpengaruh pada kepercayaan diri. Sementara, pesona seseorang akan terpancar dari sikap percaya dirinya. Orang yang masih risau dengan kondisi fisiknya, apakah menyangkut tinggi badan atau warna kulit dan detail bentuk wajah, dia tidak akan damai serta dihinggapi rasa minder yang tentu saja dapat menggerus kepercayaan diri

4.       Baik hati.

Kebaikan hati, ketulusan, sikap ramah, dan keluhuran budi akan memancarkan pesona seseorang. Berbeda dengan polesan kosmetik atau produk perawatan wajah, polesan akhlak yang baik akan lebih memancarkan kecantikan/ketampanan seseorang.

5.       Gembira.

Cara pandang terhadap kehidupan dan pola pikir atas situasi dan kondisi tertentu berpengaruh pada tingkat kegembiraan seseorang. Orang yang berada di kutub positif, selalu memiliki cara pandang positif terhadap berbagai hal, dia akan pandai bergembira dalam segala suasana. Rumusnya: hanya memikirkan hal penting dan hanya merasakan hal menyenangkan. Kegembiraan akan mengeluarkan aura bahagia, dan wajah yang selalu sumringah membuatnya indah dipandang.

Dengan memiliki kelima hal itu, anda akan terlihat menawan tanpa berdandan berlebihan. Karena pesona seseorang bukan karena polesan yang menghadirkan kepalsuan, melainkan menyembul dari hati yang bersih, jiwa yang damai, dan pikiran positif.(kt)