Apakah Kulit Sensitif Bisa Pakai Perhiasan? Yuk, SImak Tipsnya

Ilustrasi berbagai Jenis Perhiasan
Ilustrasi berbagai Jenis Perhiasan

Gemapos.ID (Jakarta) - Gaya berpakaian yang modis dan menggunakan perhiasan yang unik merupakan salah satu cara yang digunakan untuk membuat penampilan lebih menarik. Tetapi jangan sampai mengabaikan kenyamanan dan keamanan dalam berpenampilan, terutama untuk para pemilik kulit sensitif yang harus teliti memilih aksesoris yang tepat. Sebab, alih-alih tampil menawan, pemilik kulit sensitif malah bisa mengalami iritasi.

Berikut ini tips menggunakan perhiasan bagi kulit sensitif, dikutip dari siaran resmi Andall Studios, kemarin (12/2/2022). Yuk, simak.

1. Ketahui material yang digunakan

Banyak orang tergiur dengan harga perhiasan yang relatif murah tanpa memperhatikan material yang digunakan. Sebelum menggunakan perhiasan, Anda perlu mengetahui jenis material yang tidak cocok di kulitmu untuk menghindari reaksi kulit, seperti iritasi atau kemerahan.

Beberapa material yang aman di kulit seperti 925 sterling silver, 18k gold plated, stainless steel, enamel, moissanite stones, swarovski crystal, hingga freshwater pearl bisa Anda jadikan pilihan jika ingin menggunakan perhiasan dengan harga yang terjangkau tapi tetap terlihat memukau.

2. Pastikan tempat penyimpanan bersih

Selain material yang digunakan, Anda perlu memastikan tempat penyimpanan perhiasanmu bebas dari debu. Selain mencegah kulit iritasi, kotak perhiasan yang bersih dapat menjaga dan memperpanjang kualitas dari perhiasan tersebut.

Oleh karena itu, bersihkan tempat perhiasan dengan mencuci atau mengelapnya secara rutin. Tidak kalah penting, pastikan perhiasanmu sudah dalam keadaan bersih sebelum disimpan ke tempatnya. Lap dengan tisu berbahan lembut untuk membersihkan perhiasan setelah dipakai.

3. Hindari pemakaian perhiasan bertumpuk

Memakai perhiasan bertumpuk bisa memicu adanya kelembapan di bawah kulit. Tidak hanya itu, perhiasan bertumpuk berpotensi menimbulkan gesekan yang membahayakan kulit karena bisa menyebabkan iritasi.

Sebaliknya, gunakan perhiasan dengan sewajarnya. Meskipun terkesan sederhana, penampilanmu akan tetap menawan jika dipadukan perhiasan yang tepat. Anda bisa mengombinasikan beberapa jenis perhiasan untuk melengkapi penampilan, seperti menggunakan cincin dan gelang untuk mempercantik pergelangan tangan.

Nah, itulah tips yang bisa digunakan bagi para pemilik kulit sensitif agar tetap bisa tampil menawan dengan perhiasan.(ant/ri)