Yuk, Simak Ini 4 Makanan yang Mengandung Vitamin D Untuk Bantu Imun Tubuh

Ilustrasi bahan makanan mengandung vitamin D
Ilustrasi bahan makanan mengandung vitamin D

Gemapos.ID (Jakarta) - Vitamin D memiliki sifat antiradang dan antioksidan sehingga dapat meningkatkan kerja otot, saraf, dan sistem imun tubuh. Maka kadar vitamin D yang rendah dalam tubuh dapat meningkatkan risiko terjadinya pneumonia dan infeksi saluran pernafasan (ISPA). Meskipun hingga saat ini COVID-19 belum ada obatnya, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi vitamin D dengan kadar 10-25 mikrogram per hari setidaknya dapat melindungi tubuh dari ISPA akut. 

Meskipun tingkat efektivitas vitamin D untuk mengatasi Covid-19 masih harus terus digali melalui penelitian, bukan berarti kita lalai dalam menyuplai tubuh kita dengan vitamin tersebut.

Selain beraktivitas secara aman di luar untuk mendapat paparan sinar matahari, biasanya vitamin D juga bisa didapat dari berbagai jenis makanan. Setidaknya ada beberapa bahan makanan dengan kadar vitamin D yang tinggi dan bisa dijadikan substitusi atau pelengkap dari suplemen dan aktivitas di luar. Berikut adalah di antaranya:

1. Ikan salmon

Jenis ikan yang semakin populer setiap harinya ini digadang-gadang memiliki kandungan vitamin D yang tinggi. Hanya saja ikan salmon yang biasa ada di pasaran berasal dari peternakan dan kandungan vitamin D-nya lebih rendah daripada ikan salmon liar.

Sebagai alternatifnya, kita juga bisa menggunakan ikan berlemak lainnya seperti sarden ataupun mackerel. Khusus soal ikan salmon, kita sudah mempersiapkan tips cara mengolahnya serta resep seru untuk dicoba seperti salmon mentai yang masih saja viral!

2. Kuning telur

Meskipun kebanyakan sumber vitamin D didapat dari seafood, ternyata ada sumber lain yang lebih murah yaitu kuning telur. Dalam kuning telur terdapat lemak, vitamin, dan mineral. Menariknya, kadar vitamin D dari ayam petelur yang lebih banyak terekspos sinar matahari justru lebih tinggi.

3. Macam-macam jamur

Jamur adalah sedikit dari protein nabati yang memiliki kandungan vitamin D. Mengenai jenisnya bisa bermacam-macam, tapi bila berkesempatan juga menikmati jamur liar yang tumbuh di alam terbuka, maka kandungan vitamin D yang dimilikinya bisa lebih tinggi.

4. Sumber makanan yang difortifikasi

Di era modern ini, begitu beragam sumber makanan yang telah dilengkapi (difortifikasi) dengan berbagai kandungan gizi. Misalnya saja seperti susu sapi yang juga terdapat kalsium, fosfor, dan riboflavin. Begitupun penganut vegan atau vegetarian yang rentan kekurangan vitamin D bisa memasok suplai melalui susu kacang kedelai. 

Sementara itu, makanan yang mengandung vitamin D lainnya adalah sereal atau oatmeal, serta satu jenis minuman lainnya seperti jus jeruk kemasan.

Itulah daftar makanan yang akan membantu kita untuk lebih mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, semoga bermanfaat.(mhi/ri)