5 Tips Sederhana Ubah Interior Rumah Jadi Lebih Modern

Ilustrasi: Tampilan ruang makan rumah modern
Ilustrasi: Tampilan ruang makan rumah modern

Gemapos.ID (Jakarta) - Di era modern ini, tidak sedikit orang ingin mengubah interior rumahnya agar terlihat modern. Meski demikian, mengubah interior rumah tidak bisa dilakukan sembarangan karena jika terjadi kesalahan dalam makeover rumah maka interior rumah bisa terlihat berantakan dan tidak beraturan.

Memperbarui tampilan rumah dibutuhkan wawasan, pikiran, dan pertimbangan yang matang dari si pemilik rumah. Nah, supaya tidak salah melakukan makeover rumah kamu bisa mencoba lakukan lima cara sederhana berikut ini.

1. Cat ulang dengan skema warna netral

Pertama kamu harus mengecat ulang dinding rumahmu dengan perpaduan skema warna netral. Misalnya warna hitam, abu-abu, putih, krem, cokelat atau kelabu tua.

Alasan memilih warna netral, karena warna netral biasanya mudah dipadukan dengan berbagai elemen dan ornamen. Selain itu, warna netral merupakan warna yang tak lekang oleh peradaban dan telah mendominasi berbagai desain rumah modern di masa sekarang.

2. Perbaiki tingkat pencahayaan

Memperbaiki tingkat pencahayaan merupakan langkah yang perlu dilakukan agar interior rumah terlihat hidup, modern, dan jauh dari Kesan suram. Langkah utama yang perlu kamu prioritaskan adalah mengoptimalkan intensitas cahaya alami. Kamu bisa memasang tambahan jendela atau memperbaiki aliran cahaya alami dengan meminimalkan sekat dan partisi di dalam rumah.

Selain cahaya alami, jangan lupa juga untuk memperbaiki lighting atau cahaya buatan dari lampu, ya! Kamu bisa memadukan berbagai model lampu untuk menerangi setiap ruangan di rumahmu. Dari lampu LED, lampu sudut, down light, lampu gantung atau lampu cerdas yang bisa diatur sesuka hati.

3. Gunakan teknologi canggih

Teknologi mencerminkan era modern yang berlaku di masa kini. Jadi, menggunakan teknologi untuk menjalankan beberapa sistem di rumah sangat berpengaruh untuk membuat rumah terlihat lebih modern. Teknologi juga bisa membuat rumahmu terasa lebih nyaman dan sistem keamanan di rumahmu semakin meningkat.

Dengan bantuan teknologi seperti smart home, kamu bisa mengatur pencahayaan, AC, TV, sistem HVAC, dan perabotan rumah lainnya dari jarak jauh secara otomatis, bahkan hanya dengan ucapan. Canggih bukan? Nah, untuk urusan keamanan rumah, kamu bisa menambahkan beberapa teknologi, seperti, kamera pengawas, sensor gerak, smart lock atau alarm untuk tanda bahaya.

4. Perbanyak material kaca dan cermin

Menambahkan material kaca dan cermin merupakan cara yang bagus untuk membuat interior rumah terlihat lebih modern. Sebab, desain rumah modern biasanya identik dengan pemilihan material kaca, dan cermin sebagai dekorasi untuk interior rumahnya.

Kamu bisa memperbanyak material kaca dengan memilih jendela kaca besar yang memiliki kusen ringan atau menggunakan material kaca sebagai partisi dan pengaman tangga. Sementara cermin, kamu bisa memasangnya pada bagian di setiap ruangan. Agar tampil elegan pilihlah cermin dengan model bentuk yang estetik.

5. Jangan lupa lapisan metalik

Untuk menciptakan kesan rumah modern kelas atas, memperbanyak elemen dengan finishing akhir metalik atau krom patut kamu utamakan. Kamu bisa menambahkan dekorasi dengan sentuhan metalik ini pada bingkai cermin, aksesori dinding, perabotan, gagang pintu atau lampu gantung.

Elemen dengan finishing metalik bisa menciptakan sedikit kesan luas pada interior rumah, karena sifat memantulkan yang dimilikinya. Selain itu, elemen dengan sentuhan akhir metalik biasanya memiliki warna yang tidak mudah pudar dan berkarat. Jadi, hampir tidak ada lagi alasan untuk melupakan elemen yang satu ini.

Melakukan makeover rumah agar terlihat semakin modern bisa dibilang susah-susah gampang. Apalagi rumah yang dihuni sudah cukup tua. Jika kamu kesulitan untuk mambuat rumah terlihat modern secara pribadi, kamu bisa menggunakan jasa profesional seperti karyamarga.id agar hasilnya sesuai seperti yang diharapkan.(ri)