Anies Bicara Pembangunan Hingga Hilirisasi Berkelanjutan

Bakal Calon Presiden RI, Anies Rasyid Baswedan. (gemapos/x@aniesbaswedan)
Bakal Calon Presiden RI, Anies Rasyid Baswedan. (gemapos/x@aniesbaswedan)

Gemapos.ID (Jakarta) - Bakal capres Koalisi perubahan Anies Baswedan mengaskan pentingnya kebijakan hilirisasi dilanjutkan sebagai salah satu langkah pertumbuhan dan pemerataan pembangunan di Indonesia. Hal tersebut diungkapkannya dalam acara Sarasehan 100 ekonom Indonesia di Menara Mega, Mampang, Jakarta Selatan, Rabu (8/11/2023).

"Membangun pusat-pusat pertumbuhan perekonomian kota-kota kecil menjadi menengah, menengah menjadi besar di berbagai wilayah Indonesia," kata Anies

Anies memaparkan hitung-hitungannya bersama tim pemenagnan dalam koalisinya terkait upaya pembangunnan di ekonomi di luar jawa.

"Dalam hitungan kami minimal ada 14 kota yang harus dikerjakan kota menengah menjadi besar dan kota kecil menjadi kota yang besar. Jadi pusat-pusat pertumbuhan khususnya di luar Jawa itu didorong," lanjut Anies

Selain itu, Anies pun menyoroti UMKM yang harus dikembangkan sebagai bagian dari rantai pasok bisnis dengan korporasi.

"Kemudian ada keseriusan pengembangan UMKM menjadi bagian dari mata rantai pasok bisnis korporasi. Jadi itu secara struktural diatur dengan regulasi sehingga mata rantai terjadi," imbuhnya.

Mantan gubernur DKI Jakarta juga menyampaikan kebijakan hilirisasi perlu terus dilakukan seiring mendorong reindustrialisasi. Dia berharap langkah ini dapat membuka jutaan lapangan pekerjaan hingga 5 tahun ke depan.

"Ketiga, kita harus lanjutkan hilirisasi, sambil dorong reindustrialisasi yang teman-teman ekonom sering ungkap. Hilirisasinya nggak bisa dihentikan, tapi itu tidak cukup, harus ada reindustrialisasi yang ini mudah-mudahan bisa menciptakan lapangan pekerjaan minimal 15 juta new employment di periode 5 tahun ke depan," ujar Anies. (ns)