Hujan Berpotensi Akan Guyur Kota-Kota Besar di Indonesia

Ilustrasi - kondisi cuaca di DKI Jakarta secara umum cerah berawan hingga berawan. (Gemapos/Antara)
Ilustrasi - kondisi cuaca di DKI Jakarta secara umum cerah berawan hingga berawan. (Gemapos/Antara)

Gemapos.ID (Jakarta) - Badan Meteorologi , Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa, mayoritas kota besar yang ada di Indonesia berpeluang diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, Rabu (8/11/2023).

“Cuaca di pulau Sumatera diperkirakan hujan ringan di Kota Banda Aceh, Pekanbaru, dan Tanjungpinang,” kata Prakiawan BMKG Kania Mustikawati dalam jaringan info BMKG di Jakarta.

Ia menyampaikan bahwa, hujan berintensitas sedang diperkirakan akan mengguyur Kota Medan, serta waspada terhadap hujan lebat di Kota Padang. Di Kota Jambi dan Kota Palembang berpotensi akan terjadi hujan ringan.

Sedangkan di Pulau Jawa, secara umum cuaca cerah berawan hingga berawan yakni di DKI Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta. Namun di Kota Serang berpotensi hujan ringan.

Perkiraan cuaca di Pulau Bali dan Nusa Tenggara diprediksi cerah berawan hingga berawan yakni di Kota Denpasar, Mataram, dan Kupang.

Cuaca di Pulau Kalimantan secara umum diprediksi hujan ringan yakni di Kota Tanjung Selor, Samarinda, Palangkaraya, dan Banjarmasin. Namun di Kota Pontianak waspada potensi adanya hujan petir.

Perkiraan cuaca untuk Pulau Sulawesi secara umum bercuaca cerah yaitu di Kota Kendari, Makssar. Untuk hujan ringan berpeluang akan mengguyur Gorontalo,Palu, dan Mamuju.  Sedangkan di Kota Manado waspada terhadap hujan yang disertai dengan petir.

Indonesia bagian timur, cuaca berawan yakni di Kota Ambon dan hujan rngan berpeluang akan mengguyur Kota Ternate, Manokwari, dan Jayapura.

Tak lupa Kania juga mengatakan bahwa, bibit siklon tropis 94W terpantau berada di Laut Filipina sebelah utara Maluku Utara, dengan kecepatan angina maksimum 15 knots dan tekanan udara minimum sebesar 1007.0 hPa yang bergerak kea rah Barat.

“Potensi bibit 94 W untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori rendah,” lanjutnya. (kt)