Cipung Alami Demam Tinggi, Ternyata Adenovirus Penyebabnya!

Nagita Slavina, Rayyanza, dan Rafathar saat di rumah sakit (foto: ig@raffinagita1717)
Nagita Slavina, Rayyanza, dan Rafathar saat di rumah sakit (foto: ig@raffinagita1717)

Gemapos.ID (Jakarta) Nagita Slavina beberapa waktu lalu membagikan kisah soal kondisi anaknya, Rayyanza yang sedang sakit sehingga harus dilarikan ke rumah sakit. Rayyanza atau akrab disapa Cipung itu mengalami demam yang tak kunjung turun. 

Artis yang akrab disapa Gigi itu menuturkan bahwa Cipung sempat demam tinggi hingga 40 derajat celcius. Usut punya usut, Rayyanza rupanya mengidap radang paru.

"Aakhirnya sama dokter disuruh rawat inap, dicek rontgen, ternyata ada radang paru," ujar Nagita dalam kanal YouTube pribadinya, seperti dikutip gemapos.id Senin (9/10).

Setelah hasil rontgen keluar, rupanya ada virus Adenovirus yang mengakibatkan Rayyanza sakit.

"Tadi keluar hasilnya ternyata ada virusnya. Adenovirus," jelasnya.

Dihimpun dari berbagai sumber, Adenovirus merupakan sebuah virus umum yang dapat menyebabkan infeksi. Gejala yang muncul akan mirip dengan flu atau pilek. Hingga saat ini, peneliti telah mengidentifikasi 50 jenis adenovirus yang dapat menginfeksi manusia.

Adenovirus dapat menyebabkan infeksi ringan hingga berat. Namun, jarang terjadi penyakit yang serius akibat adenovirus.

Adenovirus dapat menyerang manusia dengan segala usia. Namun, kecenderungan anak di bawah 5 tahun untuk memasukkan sesuatu ke dalam mulut, membuat virus ini paling banyak menginfeksi anak-anak.

Jenis infeksi yang ditimbulkan tergantung di bagian tubuh mana virus tersebut menginfeksi.

Selain saluran pernapasan, adenovirus juga bisa menginfeksi saluran pencernaan. Kondisi tersebut dapat menyebabkan diare, gastroenteritis, mual, dan muntah.

Pada kondisi yang parah, adenovirus dapat mempengaruhi kondisi kandung kemih dan sistem saraf. Kondisi ini dapat menyebabkan infeksi saluran kemih, dan infeksi pada saraf dapat mempengaruhi otak. (an)