Mengenal Gita Bahana Nusantara, Kelompok Paduan Suara di Upacara HUT ke-78 RI

Gita Bahana Nusantara (foto: twitter)
Gita Bahana Nusantara (foto: twitter)


Gemapos.ID (Jakarta) Gita Bahana Nusantara merupakan kelompok paduan suara dan orkestra pelajar atau mahasiswa nasional yang memiliki talenta di bidang musik dan vokal.

Kelompok Gita Bahana Nusantara dibentuk khusus untuk mengisi acara kenegaraan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dikutip dari laman Kemdikbud, pembentukkan Gita Bahana Nusantara untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI setiap tahunnya telah berlangsung selama 12 tahun, sejak tahun 2003.

Tujuan dibentuknya Gita Bahana Nusantara yakni untuk membangun karakter dan jati diri bangsa, memupuk rasa kebersamaan dan nasionalisme.

Selain itu, melalui Gita Bahana Nusantara diharapkan dapat meningkatkan apresiasi seni di kalangan generasi muda.

Proses pemilihan anggota Gita Bahana Nusantara, diseleksi secara obyektif dan terbuka oleh para juri yang kompeten di bidangnya.

Arti Gita Bahana Nusantara

Masih dari laman Kemdikbud, kata Gita Bahana Nusantara memiliki makna yang berakar dari budaya Indonesia.

Gita berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti nyanyian atau lagu.

Bahana adalah gema, bunyi, suara riuh rendah.

Sedangkan Nusantara merupakan sebuatan wilayah kepulauan Indonesia.

Sehingga secara keseluruhan, Gita Bahana Nusantara memiliki arti nyanyian yang membahana dari seluruh wilayah Indonesia.

Gita Bahana Nusantara pada HUT ke-78 RI

Pada peringatan HUT ke-78 RI, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan telah menyiapkan sebanyak 199 anak muda dari 33 provinsi untuk tampil.

Total tersebut terdiri dari 68 orang tim orkestra dan 131 orang tim paduan suara yang dikenal sebagai Gita Bahana Nusantara (GBN) 2023.

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Irini Dewi Wanti, mengungkapkan peran serta Gita Bahana Nusantara untuk memeriahkan HUT ke-78 RI.

Pada 12 Agustus 2023, telah digelar Konser Kemerdekaan Gita Bahana Nusantara 2023 dengan tema 'Menembus Batas' di Museum Fatahillah Komplek Kota Tua Jakarta.

Momen Konser Kemerdekaan tersebut menjadi penanda 20 tahun kehadiran dan peran serta GBN dalam acara-acara kenegaraan.

Untuk memeriahkan rangkaian acara HUT ke-78 RI, Gita Bahana Nusantara melakukan pelatihan mulai 3 hingga 19 Agustus 2023.

Pada Konser Kemerdekaan, Gita Bahana Nusantara menyuguhkan kolaborasi dengan Novia Bachmid dan pembacaan puisi oleh Deni Maulana, Juara FLS2N.

Sementara pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 2023 di Istana Merdeka Jakarta, Gita Bahana Nusantara akan berkolaborasi dengan Ziva Magnolya dan Adikara.

Pada momen tersebut, Gita Bahana Nusantara akan menyanyikan sejumlah lagu Nusantara, di antaranya:

- Rayuan Pulau Kelapa

- Negeriku

- Satria Indonesia

- Nusantara II

- Zamrud Khatulistiwa

- Pemuda

- Hari Merdeka

Selain lagu tersebut, Gita Bahana Nusantara juga akan menyajikan medley lagu-lagu Nusantara beserta aransemen yang memasukkan unsur-unsur etnik Nusantara pada instrumennya, seperti suling, sape, kendang, tehyan, hingga talempong.

Tak hanya itu, Gita Bahana Nusantara juga akan berkolaborasi dengan Putri Ariani yang membawakan lagu Melati Suci pada upacara HUT ke-78 RI di Istana Negara.

Sementara yang akan bertindak sebagai konduktor Gita Bahana Nusantara pada upacara HUT ke-78 RI yakni Eunice Tong.

Ia merupakan konduktor perempuan lulusan Westminster Choir College, yang pernah tampil bersama New York Philharmonic dan Philadelphia Orchestra.(da)