Jalan Gatot Subroto Ditutup, Lalin Pancoran Arah Semanggi Macet Parah

Jalan Gatot Subroto Ditutup, Lalin Pancoran Arah Semanggi Macet Parah (foto: ant)
Jalan Gatot Subroto Ditutup, Lalin Pancoran Arah Semanggi Macet Parah (foto: ant)


Gemapos.ID (Jakarta) Polisi melakukan rekayasa lalu lintas (lalin) dengan menutup sementara Jalan Gatot Subroto karena ada KTT ke-43 ASEAN di Jakarta. Imbasnya, kemacetan parah terjadi dari arah Pancoran menuju Semanggi.

Pantauan detikcom di TL Kuningan, Jakarta Selatan, kemacetan sudah terjadi sejak pukul 08.05 WIB. Kemacetan tampak mengular dari TL Kuningan hingga beberapa ratus meter ke belakang.

Mobil dan motor tampak padat di titik ini. Bahkan sejumlah pemotor hingga menaikkan kendaraannya ke trotoar jalan.

Petugas dari kepolisian dan petugas Dinas Perhubungan (Dishub) terlihat berada di sekitar TL Kuningan. Mereka tampak mengatur lalu lintas dengan mengarahkan para pengendara tidak boleh naik ke flyover Kuningan arah Jalan Gatot Subroto.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya melakukan pengalihan arus lalu lintas di tiga ruas jalan DKI Jakarta dalam rangka pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta hari ini. Pengalihan arus lalu lintas itu akan diberlakukan dalam dua sesi, yakni pagi dan sore.

"Pemberitahuan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jalan, dalam rangka KTT ASEAN ke-43 akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman, kepada wartawan, Rabu (6/9/2023).

Berikut ini 3 ruas jalan di Jakarta yang diberlakukan pengalihan arus lalu lintas:

1. Sepanjang Jalan MH Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman (Bundaran Patung Kuda s/d Bundaran Senayan)
2. Sepanjang Jalan HR Rasuna Said dari TL Cokro s/d TL Kuningan
3. Sepanjang Jalan Gatot Subroto (TL Kuningan s/d TL Slipi) Sepanjang Jalan Imam Bonjol s/d Bundaran Hotel Indonesia

Latif mengatakan pengalihan arus lalu lintas untuk sesi pagi diterapkan pada pukul 07.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Kemudian untuk sesi sore akan diterapkan mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB

Warga pun diminta agar menggunakan rute alternatif agar tidak melintasi tiga ruas jalan yang diberlakukan pengalihan arus lalu lintas. Adapun rute alternatifnya sebagai berikut:

1. Lalu lintas dari Selatan (Cipete) menuju ke Barat (Slipi) atau Utara (Monas) dapat melalui Jalan Kyai Maja-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Arteri Pondok Indah-Berputar du U-turn depan Gandaria City-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Tentara Pelajar-dst.

2. Lalu lintas dari Utara (Harmoni) menuju ke Selatan (Blok M) dapat melalui Jaan Medan Merdeka Barat-Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Fahrudin-Jalan KH Mas Mansyur-Jalan Penjernihan-Jalan Pejompongan-Jalan Tentara Pelajar-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Kyai Maja-Jalan Panglima Polim-dst.

3. Lalu lintas dari Timur (Teber) ke Barat (Slipi) dapat melalui Jalan Kapten Tendean-Jalan Wolter Monginsidi-Jalan Trunojoyo-Jalan Kyai Maja-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Arteri Pondok Indah-berputar di U-turn depan Gandaria City-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Tentara Pelajar-Jalan S Parman-dst.

4. Lalu lintas dari Barat (Slipi) menuju ke Timur (Tebet) dapat melalu Jalan S Parman-Jalan Pejompongan-Jalan Penjernihan-Jalan RM Margono-Jalan Galunggung-Jalan Dr Saharjo-Jalan Prof Dr Soepomo-Jalan MT Haryono-dst.(da)