PSS Sleman vs Persija Liga 1 2023: Prediksi dan H2H



Gemapos.ID (Jakarta) Prediksi PSS Sleman vs Persija Jakarta dalam jadwal Liga 1 2023/2024 pekan 6 mengarah untuk kemenangan tim tamu, jika berkaca skor head to head (H2H).

Live streaming PSS vs Persija dari Stadion Maguwoharjo, Sleman, hari Jumat (4/8/2023), bisa ditonton via Vidio serta tayang siaran langsung Indosiar mulai pukul 19.00 WIB. Persija Jakarta tengah dalam tren kemenangan jelang laga away pekan ini.

Macan Kemayoran sukses menundukkan Persebaya Surabaya 1-0 pada matchday sebelumnya. Itu juga tercatat sebagai kemenangan ke-2 mereka pada awal Liga 1 musim ini. Kini Persija duduk di tangga 5 klasemen Liga 1 2023/2024, dengan koleksi 8 poin.

Mereka hanya terpaut 2 angka dari pimpinan tabel saat ini, Dewa United. Di sisi lain, misi kebangkitan bakal diusung PSS Sleman. Super Elang Jawa (Super Elja) gagal memetik kemenangan dalam 4 laga beruntun, 3 hasil imbang dan 1 kalah. PSS kini masih berjuang di peringkat 12, dengan 6 poin.

Jadwal PSS Sleman vs Persija Jakarta di Liga 1 2023/2024 Persija Jakarta tengah dalam tren positif jelang lawatan di pekan 6 Liga 1 2023/2024 ke Sleman. Kemenangan tipis 1-0 kontra Persebaya pekan lalu jadi suntikan moral yang penting. Diungkapkan pelatih Persija, Thomas Doll, mental anak asuhnya kini terangkat.

“Hal ini menjadi bekal yang bagus, karena pada laga selanjutnya kami memiliki persiapan yang mepet untuk melawan PSS,” kata Thomas Doll soal kemenangan atas Persebaya, dikutip dari laman klub.

Jelang laga pekan 6, Persija masih kehilangan striker Marko Simic yang mengalami cedera pada pekan 4 lalu. Macan Kemayoran juga sudah kehilangan Muhammad Ferarri yang memutuskan cuti dari tim. Kini kesolidan tim kembali diuji di Sleman.

Kabar baiknya, Persija baru mendapat tambahan amunisi di sektor depan dengan datangnya winger berpaspor Filipina, Oliver Bias. Mantan pemain tim junior RB Leipzig itu jadi pemain asing ke-5 di Macan Kemayoran. Dalam kondisi yang sama, Macan Kemayoran juga masih menyesuaikan diri dengan pemain asing lain, Maciej Gajos. Mantan pemain Lechia Gdansk itu telah berlaga 3 kali, namun 3 kali juga ia selalu ditarik di tengah laga.

“Maciej (Gajos) baru bergabung dengan tim kurang lebih 2 minggu. Dia langsung bermain walaupun tidak mengikuti pramusim sama sekali. Jadi menurut saya masih membutuhkan adaptasi,” ujar Thomas.

Di kubu seberang, PSS Sleman ingin segera menghentikan tren negatif. Laga kontra Persija jadi kali ke-3 Super Elja menjamu sang lawan pada Liga 1 musim ini. Sementara 2 laga kandang sebelumnya, PSS selalu ditahan seri.

“Apapun yang terjadi, secara tim kami sudah siap menghadapi Persija. Kami juga sudah menjalani kelas analis dengan melihat video pertandingan Persija itu seperti apa,” kata pemain PSS, Ricky Cawor, dikutip dari laman klub.

Di laga terakhir, pelatih PSS, Marian Mihail mencoba menempatkan winger, Ricky Cawor, untuk bergeser ke posisi striker utama. Cawor gagal mencetak gol pada laga itu. “Sejujurnya menjadi striker di laga kemarin adalah pertama kali dalam hidup saya. Pertama menjalani saya jujur sempat gugup,” ucap Cawor usai laga terakhir kontra RANS.

Kendati demikian, Ricky Cawor jadi salah satu tumpuan gol PSS. Ia membukukan 2 gol, namun Cawor sudah 3 laga terakhir tak lagi mencetak gol. Ia bertekad membuka kembali keran golnya. “Di beberapa pertandingan terakhir tidak bisa mencetak gol lagi. Harapannya untuk pertandingan selanjutnya saya bisa kembali mencetak gol bagi PSS Sleman,” imbuh Cawor.

Prediksi Susunan Pemain PSS vs Persija PSS Sleman berpeluang kembali memainkan Wahyudi Harmisi usai menjalani skorsing kartu merah. Ia berpotensi menggeser posisi Jehad Ayoub. Harmisi berpeluang diandalkan di sektor tengah bersama Kim Jefrey Kurniawan dan Jonathan Bustos, sedang Ayoub bisa berduet dengan Thales Lira.

Sementara itu, Persija akan tampil tanpa Marko Simic di sektor depan serta bek M Ferrari yang cuti. Sektor depan Persija berpeluang mengandalkan Aji Kusuma. Di satu sisi, pemain seperti Ryo Matsumura bisa jadi opsi mencetak gol dari lini ke-2.

PSS Sleman (4-3-3): Anthony Pintus; I Nyoman Ansanay, Thales Lira, Jihad Ayoub, Abduh Lestaluhu; Wahyudi Hamisi, Kim Kurniawan, Kei Sano; Ricky Cawor, Jonathan Bustos, Yevhen Bokhashvili. Pelatih: Marian Mihail.

Persija Jakarta (3-4-3): Andritany Ardhiyasa; Rizky Ridho, Ondrej Kudela, Muhammad Akbar Arjunsyah; Ilham Rio Fahmi, Firza Andika, Resky Fandi, Maciej Gajos; Riko Simanjuntak, Ryo Matsumura, Aji Kusuma. Pelatih: Thomas Doll.

Head to Head (H2H) PSS Sleman vs Persija Jakarta Persija mengemas 2 kemenangan atas PSS dalam 5 pertemuan terakhir. Sedang PSS hanya 1 kali menang, serta 2 laga lain berakhir seri.

(da)