Aparat Gerebek Markas KKB di Hutan Belakang Kantor Bupati Yahukimo

ilustrasi penembakan (foto: pixabay)
ilustrasi penembakan (foto: pixabay)


Gemapos.ID (Jakarta) Aparat Brigade Mobil (Brimob) menggerebek markas kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kecamatan Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, Selasa (1/8/2023).

Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri mengungkapkan, penggerebekan itu berujung baku tembak hingga menewaskan dua anggota KKB. Dalam penggerebekan ini, lanjut dia terdapat anggota Brimob yang terluka akibat terkena tembakan.

Anggota Brimob yang terkena tembakan diketahui Bharatu Jogianus Ricko yang tergabung dalam Satgas Aman Nusa dan saat ini dirawat di RSUD Dekai. Ia terluka akibat tertembak di bagian paha.

“Kondisi korban dalam keadaan sadar, ” kata Fakhiri melalui keterangan persnya kepada awak media, Rabu (2/8/2023).

Fakhiri menerangkan, dalam penggerebekan itu anggota Brimob yang bertugas berhasil mengamankan enam pucuk senjata api rakitan dan amunisi.

Selain itu, aparat juga berhasil mengamankan delapan butir amunisi berbagai kaliber, berbagai senjata tajam, senjata tradisional seperti kapak, dan panah beserta busur.

Fakhiri menambahkan, berdasarkan laporan yang diterima, penggerebekan berawal dari aksi penyerangan yang dilakukan KKB, terhadap Pos Brimob, Senin (31/7/2023) malam.

“Pada Selasa (1/8/2023), anggota melakukan penyelidikan dan menangkap AS, anggota KKB, yang merupakan anggota Kopi Tua Heluka,” pungkasnya.(da)