Juara SEA V League 2023, Media Thailand Klaim Indonesia Main Curang

Indonesia vs vietnam SEA V League 2023 (foto: ant)
Indonesia vs vietnam SEA V League 2023 (foto: ant)


Gemapos.ID (Jakarta) Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah diklaim media Thailand main curang dalam gelaran seri pertama SEA V League 2023.

Klaim itu muncul berkaitan dengan pertandingan Timnas Voli Indonesia saat melawan Filipina, Jumat (21/7) lalu. Pertandingan itu dimenangi Indonesia dengan skor telak 3-0 (25-20, 25-22, 25-19).

Dilansir dari Thairath, kecurangan itu terkait insiden kontroversial di set kedua. Saat itu, tim asuhan Jiang Jie unggul 4-3 atas Filipina.

Disebutkan kecurangan itu terjadi saat smes Farhan Halim mengarah ke garis belakang lapangan pertandingan. Pelatih Filipina, Sergio Veloso lantas melakukan challenge setelah wasit memutuskan bola masuk area permainan.

Namun gambar yang muncul di video challenge justru saat bola yang dismes Farhan kembali ke area permainan setelah mengenai dinding Padeokan Voli Jenderal Polisi Kunarto. Veloso bahkan sampai marah-marah sembari menunjukkan gambar di ponsel yang menunjukkan perbedaan gambar yang diamati wasit. Wasit tidak mengubah keputusannya.

Indonesia sendiri telah memastikan keluar sebagai juara seri pertama SEA V League 2023. Kepastian itu diraih setelah mengalahkan Thailand 3-1 di partai terakhir.

Kemenangan ini juga menjadi balasan sempurna usai kekalahan dari Thailand di perempat final AVC Challenge Cup 2023. Ketika itu, Indonesia kalah dramatis dengan skor 2-3 pada 13 Juli lalu.