Menanti Kejutan Timnas Voli Indonesia Lawan Ranking 37 Dunia di AVC

Timnas Voli Putra Indonesia  (ist)
Timnas Voli Putra Indonesia (ist)


Gemapos.ID (Jakarta) Timnas Voli Putra Indonesia akan melawan Australia di turnamen voli AVC Challenge Cup 2023, Sabtu (15/7). Mampukah membuat kejutan mengalahkan Australia yang merupakan tim ranking 37 dunia?

Para pemain Indonesia harus segera melupakan kekalahan dari Thailand dengan skor 2-3 di babak perempat final AVC Challenge Cup 2023 di Taiwan, Kamis (13/7).

Pasalnya, Indonesia bakal menghadapi Australia di pertandingan perebutan peringkat kelima AVC Challenge Cup 2023, Sabtu (15/7) pukul 09.00 WIB.

Australia secara peringkat dunia jauh lebih tinggi daripada Indonesia. Timnas voli putra Australia kini menduduki peringkat 37 dunia, sedangkan Indonesia berada di posisi ke-67 berdasarkan data dari Volley Ball World pada Jumat (14/7) sore.

Menghadapi tim yang secara peringkat lebih tinggi, para pemain Indonesia tentu harus bisa bermain maksimal dan mengurangi kesalahan.

Indonesia juga harus belajar dari kesalahan di babak perempat final saat kalah dari Thailand.

Setidaknya ada tiga faktor yang membuat Indonesia kalah dari Thailand hingga gagal ke semifinal AVC Challenge Cup 2023.

"Salah satunya itu pola permainan berubah. Dan memang kita banyak kesalahan terutama di bola pertama sehingga susah untuk melakukan serangan. Dan servis kurang menekan," kata Asisten pelatih Timnas Voli Putra Indonesia Erwin Rusni.

Cedera yang dialami Dio Zulfikri pada set pertama juga membuat permainan Indonesia berubah. Dio adalah setter andalan Merah Putih. Hilangnya Dio membuat Indonesia kesulitan mendapatkan permainan terbaik dalam menyerang.

Farhan Halim yang kerap jadi andalan Indonesia dalam service attack juga tidak tampil seperti biasa. Servis yang jadi salah satu senjata Farhan tidak banyak mencetak poin pada pertandingan kali ini.

Farhan juga kerap tidak maksimal dalam menahan servis lawan, sehingga sempat diparkir Jiang Jie. Beberapa pemain lain juga kesulitan untuk masalah tersebut.(da)