Jamaah Haji Kalbar, Lima Sakit Satu Meninggal



Gemapos.ID (Jakarta) Jamaah haji asal provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) saat ini mulai bergerak meninggalkan Makkah menuju Madinah untuk melaksanakan salat Arbain di Masjid Nabawi dan ziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW. Hal itu dikatakan Sekda Kalimantan Barat Harisson di Pontianak, Sabtu (22/7).

"Untuk jamaah haji asal Kalbar yang tergabung dalam Kloter 29, hari Jumat tanggal 21 Juli 2023 kemarin, sudah meninggalkan Makkah menuju Madinah untuk pelaksanaan salat Arbain di Masjidi Nabawi dan ziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW," kata Harisson.

Untuk Kloter 30 akan menuju Madinah pada hari ini, Kloter 31 dan Kloter 33 gabungan jamaah haji Kalbar dan Riau akan diberangkatkan pada tanggal pada Minggu (23/7).

Harisson juga menginformasikan, terdapat lima orang jamaah haji asal Kalbar dalam kondisi sakit, dan saat ini dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi. Mereka belum bisa di pindahkan ke Madinah, karena kondisinya belum stabil.

"Untuk kesehatan lima haji yang sakit ini terus kita pantau, dan jika kondisinya sudah stabil, baru akan di pindahkan ke Madinah," tuturnya.

Sebelumnya, kata Harisson. untuk jamaah haji asal Kalbar yang tergabung di Kloter 25 sampai Kloter 28 telah lebih dahulu diberangkatkan ke Madinah mulai 17 Juli 2023.

"Kami, juga menyampaikan informasi duka, di mana pada Jumat kemarin, terdapat satu haji kita yang meninggal dunia," katanya.

Harisson menjelaskan, almarhumah meninggal di Rumah Sakit Al-Noor Specialist Hospital Makkah pada 21 Juli kemarin pukul 08.03 WAS dan saat ini masih menunggu untuk dilakukan pemulasaraan jenazah didampingi oleh Ketua Rombongan, TKHI, TPHI, TPIHI dan anak almarhumah. (aan)