DPR Akan Evaluasi Masalah Pelaksanaan Haji

Ketua DPR RI Puan Maharani
Ketua DPR RI Puan Maharani

Gemapos.ID (Jakarta) - Ketua DPR RI Puan Maharani memastikan akan mengevaluasi penyelenggaraan ibadah haji 1443H/2022 M yang dilaksanakan Kementerian Agama (Kemenag) karena Komisi VIII DPR telah memiliki catatan terkait hal tersebut.

Menurut Puan, evaluasi tersebut terkait masih adanya keluhan dari jemaah haji Indonesia, seperti soal makanan, pemondokan, termasuk kuota haji.

"Ada sejumlah catatan dari Komisi VIII DPR terkait pelaksanaan ibadah haji 1443H yang nantinya akan menjadi bahan evaluasi DPR bersama dengan pihak Pemerintah," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (10/7/2022).

Beberapa catatan tersebut menurut dia akan disampaikan Komisi VIII DPR karena hal itu menjadi evaluasi DPR untuk penyelenggaraan ibadah haji berikutnya.

"DPR RI telah melaksanakan fungsi pengawasan pelaksanaan ibadah haji melalui Komisi VIII DPR yang telah menerjunkan tim ke Makkah dan Madinah," tambahnya.

Puan juga mengucapkan selamat kepada jemaah haji Indonesia yang sudah menyelesaikan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci. Dia berharap jemaah haji dapat pulang ke Indonesia dengan selamat dan dalam keadaan sehat.

Menurut dia, ibadah haji tahun 2022 menjadi yang pertama diikuti jemaah asal Indonesia karena sudah dua tahun tidak bisa berangkat ke Tanah Suci akibat pandemi COVID-19.

"Saya bersyukur jemaah haji Indonesia dapat menjalankan ibadah dengan lancar. Insya Allah menjadi haji yang mabrur," ujarnya. (rk)