Dewan Pers Akan Mediasi Tempo dan Erick Thohir Senin Besok



Gemapos.ID (Jakarta)  Dewan Pers akan melakukan mediasi antara pihak Tempo dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terkait pengaduan terhadap siaran podcast atau siniar Bocor Alus Politik (BAP) pada Senin mendatang, 17 Juli 2023. Ketua Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Pers pada Dewan Pers, Yadi Hendriana, mengatakan pihaknya akan menundang pihak Tempo dan Erick Thohir pukul 10.00 WIB. 

Menurut Yadi, aduan terhadap Tempo adalah hal wajar apabila ada pihak yang tidak puas dengan karya jurnalistik dan diadukan ke mereka. Ia menuturkan konten yang dilaporkan adalah karya jurnalistik yang dianggap Erick Thohir tidak berimbang. 

“Intinya semua konten-konten yang menurut mereka sumir dilaporkan. Podcast-nya dianggap tidak berimbang, informasinya belum terverifikasi dan terkonfirmasi,” kata Yadi dalam pesan kepada Tempo, Kamis, 13 Juli 2023.

Yadi menegaskan pihaknya tidak akan melibatkan Arif Zulkifli dalam penyelesaian sengketa ini. Arif merupakan Ketua Komisi Hukum dan Perundang-undangan Dewan Pers yang juga menjabat Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk. 

“Ini sesuai kesepakatan di kami yang sudah berlaku lama, yakni ‘Setiap anggota Dewan Pers dan perangkat terkait yang ada kaitan/hubungan dengan media yang diadukan, maka secara otomatis tidak akan dilibatkan dalam proses penanganan kasus sengketa pers,” ujar Yadi.

Hal senada diutarakan Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu. Ninik mengatakan pihaknya akan mempelajari pengaduan tersebut dan akan segera mengundang pihak Tempo untuk didengar keterangannya.

Ninik memastikan pihaknya akan memutuskan setiap sengketa pers secara adil. Lantaran konten tersebut melibatkan Tempo Media, Ninik memastikan pihaknya tidak akan melibatkan Arif Zulkifli.

Tanggapan Pemred Tempo

Pemimpin redaksi Majalah Tempo, Setri Yasra, mengatakan Tempo menghormati proses yang akan dilakukan Dewan Pers, lembaga yang menjalankan amanat Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

“Karena itu langkah yang semestinya ditempuh, sengketa pers diselesaikan di Dewan Pers,” kata Setri Yasra kepada Tempo, Kamis, 13 Juli 2023.

Namun Setri belum bisa bicara lebih jauh terkait pelaporan tersebut. Sebab, kata dia, pihak Tempo belum mendapat laporan atau tembusan soal laporan salah satu produk jurnalistik Tempo, podcast Bocor Alus Politik. Ia menuturkan tanggapan Tempo atas materi aduan Erick Thohir akan disampaikan setelah mendapat surat tembusan pengaduan dari Dewan Pers.(da)