Ramai Indonesia Vs Malaysia FIFA Matchday September? Ini Respon PSSI

Timnas Indonesia (ist)
Timnas Indonesia (ist)


Gemapos.ID (Jakarta) Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday September 2023 belum jelas, PSSI bereaksi cepat agar tak timbul kegaduhan di kalangan suporter. Timnas Indonesia menatap agenda selanjutnya pasca melakoni dua laga FIFA Matchday Juni 2023 melawan Palestina dan Argentina.

Hasil berbeda didapat Timnas Indonesia dalam dua pertandingan itu, imbang melawan Palestina (0-0) dan kalah 0-2 dari juara Piala Dunia 2022, Argentina.

Menginjak langkah selanjutnya, Skuad Garuda tentu menatap agenda lain yang tak kalah pentingnya termasuk FIFA Matchday September 2023.

Masalahnya, Timnas Indonesia belum punya calon lawan untuk laga yang digelar pada 2-10 September 2023, sehingga memunculkan spekulasi liar.

Salah satu yang menarik dan viral di media sosial, Timnas Indonesia diisukan bakal melawan Malaysia di FIFA Matchday September mendatang.

"Malaysia dikabarkan akan bertemu Indonesia dalam perlawanan persahabatan antarbangsa (FIFA Matchday) pada September nanti, selain China yang telah bersetuju," tulis akun Instagram @ekorharimaumalaya.

"Perlawanan persahabatan ini dikatakan telah diatur oleh kedua pemimpin negara. Dua-dua negara dalam fasa prestasi dan semangat tinggi."

"Memang terbaik jumpa masa ini. Bring it on. Betul ke ini? Suatu perlawanan untuk latihan yang bagus untuk Malaysia," imbuh mereka.

Tak mau isu liar semakin menggila, PSSI melalui anggota Exco Arya Sinulingga sedikit membeberkan perihal kriteria lawan Skuad Garuda nanti.

Meskipun tak membocorkan namanya, Arya Sinulingga menegaskan bahwa calon lawan pada FIFA Matchday September mendatang memiliki level kekuatan di atas Timnas Indonesia.

Arya menargetkan Timnas Indonesia harus memetik kemenangan di laga nanti, sebagai modal menaikkan mental pemain berlaga di Piala Asia 2023.

"Kami akan mencari lawan yang ranking FIFA nya di atas timnas Indonesia," ucap Arya Sinulingga dikutip dari Gemapos.

"Tapi yang pasti, Timnas Indonesia wajib menang demi mendapatkan poin."

"Seperti apa kata Pak Erick Thohir (Ketum PSSI), ada yang namanya kami harus mencari poin untuk naik peringkat."

"Ada yang uji mental dan ada juga yang uji nyali. Nah uji mental itu melawan negara yang posisinya 100 besar."

"Kemarin kami seri melawan Palestina yang berada di posisis ke-93. Terlihat anak-anak juga bermain bagus melawan Palestina."

"Nah untuk lawan Argentina itu namanya uji nyali. Ya walaupun kalah 0-2, tapi saya lihat permainan Timnas Indonesia tetap bagus," imbuhnya.

Jika dilihat dari peringkat FIFA, Malaysia kini bertengger di peringkat ke-138 dunia, sementara Indonesia masih di 149.

Menilik data tersebut, bisa dibilang kekuatan Malaysia berada di atas Indonesia, bukan tidak mungkin lawan yang dimaksud Arya adalah mereka.(da)