Iwan Bule Bocorkan Pemain yang Bakal Dipanggil Timnas Indonesia untuk Lawan Argentina

Mochammad Iriawan  bersama Shin Tae-yong di di Lapangan A, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) (ist)
Mochammad Iriawan bersama Shin Tae-yong di di Lapangan A, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) (ist)

Gemapos.ID (Jakarta)  Shin Tae-yong belum mengumumkan secara resmi daftar pemain Timnas Indonesia untuk duel melawan Argentina. Namun, sebuah bocoran datang dari mantan Ketua PSSI, Mochamad Iriawan.

Sosok yang karib disapa Iwan Bule itu membocorkan satu nama yang bakal dipanggil Shin Tae-yong untuk uji coba lawan Argentina (19/6/2023) nanti. Nama tersebut tak lain adalah bek tengah Elkan Baggott.

 

"Kabarnya dia (Elkan Baggott) akan gabung dengan Timnas utk FIFA Matchday. Semoga Sukses selalu, Best of luck bro," tulis Iwan Bule di akun media sosial miliknya.

Elkan Baggott saat ini diketahui sedang berada di Bali untuk liburan. Elkan telah merampungkan musim 2022/2023 bersama Cheltenham Town. Bek 20 tahun selama ini memang menjadi andalan pelatih Shin Tae-yong.

Sandy Walsh harusnya menjalani debut bersama Indonesia di Piala AFF 2022 lalu. Hanya saja, dia urung masuk skuad. Sandy Walsh kemudian mengalami cedera dan tak masuk skuad untuk duel lawan Burundi.

Jelang duel lawan Argentina, Sandy Walsh dalam kondisi bagus. Dia baru saja merampungkan musim bersama KV Mechelen dengan hasil yang cukup bagus.

Shayne Pattynama hanya menjadi penonton saat Indonesia berjumpa Burundi. Saat itu, perpindahan asosiasi Pattynama belum rampung. April lalu, proses administrasi tersebut sudah rampung.

"Jadi dengan ini urusan naturalisanya Shayne Pattynama sudah selesai dikerjakan. Jadi sudah bisa bermain untuk Timnas Indonesia," ucap Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga.

Selain dua nama di atas, ada dua pemain lain yang baru saja merampungkan proses naturalisasi. Mereka adalah Rafael Struick dan Ivar Jenner.

Kedua pemain telah menjalani sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) pada Senin (22/5/2023), di Kanwil Kementerian Hukum dan HAM, DKI Jakarta.

Hanya saja, keduanya mungkin belum bisa bermain untuk lawan Argentina. Sebab, sampai saat ini belum diketahui apakah proses kepindahan asosiasi keduanya dari Belanda (KNVB) menjadi PSSI sudah mendapat persetujuan FIFA atau belum.

Jika nama-nama di atas masih belum pasti, ada empat pemain yang sudah resmi masuk skuad Timnas Indonesia untuk duel lawan Argentina. Empat pemain tersebut adalah Marc Klok, Edo Febriansah, Ricky Kambuaya, dan Rachmat Irianto.

Persib Bandung, klub yang menaungi empat pemain tersebut, telah mengumumkan pemanggilan mereka. Persib menyebut mereka akan berada di Jakarta pada 5 Juni 2023.(da)