Weekend Neraka Marc Marquez di MotoGP Jerman 2023, Seminggu Crash 5 Kali

Weekend Neraka Marc Marquez di MotoGP Jerman 2023, Seminggu Crash 5 Kali (ist)
Weekend Neraka Marc Marquez di MotoGP Jerman 2023, Seminggu Crash 5 Kali (ist)


Gemapos.ID (Jakarta) Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez baru saja melewati akhir pekan sulit lainnya dalam seri MotoGP Jerman 2023. MotoGP Jerman 2023 yang dilangsungkan di Sachsenring sepanjang akhir pekan kemarin (16-18 Juni) berjalan tak seperti biasanya bagi Marquez. Marquez yang pernah mencatatkan dominasi kemenangan selama delapan musim beruntun di kelas utama sejak 2013 harus merasakan neraka.

Bagaimana tidak? Pembalap berjuluk Baby Alien tersebut berjibaku dengan kuda besinya sendiri RC213V sejak latihan hari pertama. Puncaknya terjadi pada sesi latihan 2 di mana Marquez benar-benar dibuat frustrasi oleh motornya dan membuatnya gagal menorehkan waktu lap terbaik. Dalam sesi tersebut, peraih delapan gelar juara dunia itu juga harus jatuh bangun karena mengalami kecelakaan. Kecelakaan Marquez sendiri menjadi salah satu momen yang menyita perhatian sepanjang gelaran MotoGP Jerman 2023 kemarin.

Ya, rider Spanyol itu kehilangan keseimbangan saat berupaya melakukan time attack di tikungan 1 Sachsenring. Low side crash yang dialami Marquez turut menyeret Johann Zarco dari Pramac Racing yang melaju pelan usai keluar dari pitlane. Motor RC213V milik Marquez meluncur mulus dan menghantam Zarco yang memang melaju pelan di atas Ducati Desmosedici GP. Kerasnya hantaman tersebut membuat motor Ducati yang ditunggangi Zarco itu sampai terbelah menjadi dua bagian. Kabar baiknya adalah Zarco dan Marquez tidak mengalami cedera yang disebabkan oleh insiden tersebut.

Kemarahan pembalap berusia 30 tahun itu terhadap Honda sudah terlihat beberapa saat sebelumnya. Rasa frustrasi dalam mengendalikan laju RC213V membuat Marquez tak segan melayangkan acungan jari tengah ke daschcam motornya. Hal itu terjadi sesaat setelah dia berhasil mengontrol motornya yang nyaris membuatnya mengalami high side crash di tikungan 11. Rentetan situasi sulit masih dialami pemilik nomor 93 tersebut pada hari kedua, di mana bergulirnya sesi kualifikasi dan sprint.

Marquez kembali mengalami kecelakaan pada sesi kualifikasi dan harus puas meraih finis di posisi ke-11 pada balapan mini MotoGP Jerman 2023. Pada akhirnya, Marquez memutuskan untuk mundur sesaat sebelum balapan utama MotoGP Jerman 2023 dimulai usai kecelakaan pada saat pemanasan. Rekan setim Joan Mir tersebut merasa tidak siap melakoni balapan selama 30 putaran itu di lintasan sepanjang 3,6 kilometer ini.

"Ya, setelah empat atau lima kali jatuh, terutama pagi ini, saya merasa belum siap tampil," kata Marquez, dilansir dari Motosan.

"Untuk melakukan balapan dan saya memutuskan mengambil langkah lebih tenang agar lebih banyak yang bisa di Belanda."

"Saya tidak merasa siap, saya memiliki banyak rasa sakit di tubuh, di pergelangan kaki, sedikit retak jadi saya tidak siap," imbuhnya.(da)