Kondisi Terakhir Marc Marquez Setelah Kecelakaan

Pebalap tim Repsol Honda Marc Marquez mengalami highside berakibat terpelanting dari motornya di Tikungan 7. Motor RC213V yang dikendarai juga mengalami rusak parah
Pebalap tim Repsol Honda Marc Marquez mengalami highside berakibat terpelanting dari motornya di Tikungan 7. Motor RC213V yang dikendarai juga mengalami rusak parah

Gemapos.ID (Mandalika) - Pebalap tim Repsol Honda Marc Marquez mengalami highside berakibat terpelanting dari motornya di Tikungan 7. Motor RC213V yang dikendarai juga mengalami rusak parah akibat benturan dalam kecepatan tinggi di tikungan yang mengalir tersebut.

"Setelah Marquez mengalami kecelakaan parah hari ini dia dilarikan ke rumah sakit setempat di Lombok di mana ia menjalani sejumlah tes serius dan kembali ke sini," kata Direktur Medis MotoGP Angel Charte di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (20/3/2022). 

Walaupun demikian Marc Marquez dapat berdiri dan berjalan setelah kecelakaan itu, tapi dia harus menjalani pemeriksaan medis di paddock sebelum dibawa medical officer ke rumah sakit.

Marc Marquez diduga tidak fit saat menjalani balap Grand Prix of Indonesia di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, NTB. Dia akan kembali ke Barcelona untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Tapi tidak ada yang parah menyusul observasi beberapa jam ke depan, dokter sirkuit dan tim menyatakan Marquez tidak fit untuk balapan,” ujarnya. 

Sebelumnya, Marc Marquez mengalami kecelakaan dua kali saat sesi kualifikasi pertama (Q1) saat ia berupaya mendorong motornya demi mendapatkan lap terbaik.

Setelah beberapa kali slide, dia mengalami lowside dan terjatuh di Tikungan 13 ketika tersisa waktu lima menit sebelum bergegas kembali ke garasi untuk berganti motor dan kembali ke trek.

Kemudian, Marquez berupaya mendorong keras, tapi dia kembali terjatuh karena lowside kenbali 

di Tikungan 12, dan meluapkan amarahnya di atas gravel.

"Itu kecelakaan yang parah, benturan yang kencang di kepala, jadi biasanya kecelakaan seperti ini memerlukan waktu untuk pulih," Ketua Tim Repsol Honda Puig.

Dengan demikian, ini bukan tindakan yang aman untuk mengirimkan dia kembali ke atas motor,.

“Jadi kami memutuskan yang terbaik adalah untuk melewatkan GP ini dan mencoba pulih dan melihat perkembangan selanjutnya pada 12-24 jam ke depan."

Marc Marque tidak merasa sakit, tapi bisa bayangkan setelah dia mengalami tiga kecelakaan hebat di akhir pekan ini, dan hari ini sangat parah. 

“Dia tidak mendapati tulang patah tapi merasa tidak nyaman,” ucapnya.

Pada awal musim 2020 Marc Marquez pernah mengalami kecelakaan parah di seri pembuka di Jerez . Kejadian ini berakibat tulang humerusnya patah dan membuat sang pebalap melewatkan satu tahun penuh sebelum kembali membalap di Portimao pada 2021. (ant/mau)