Al Rihla Bola Resmi Piala Dunia Bukan Made in Indonesia?

Al Rihlah bola resmi piala dunia Qatar (ist)
Al Rihlah bola resmi piala dunia Qatar (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Bola resmi Piala Dunia 2022 yang bertajuk 'Al Rihla' bukanlah buatan Indonesia. Bola yang dilengkapi dengan teknologi canggih itu dikonfirmasi dibuat di China dan Pakistan.

Sedangkan bola yang di buat di Indonesia hanya sebatas souvenir saja. 

Stefan Pursche, Director Media Relations bei adidas, yang mengkonfirmasi langsung perihal tersebut. Pursche menyatakan bahwa adidas tak menunjuk satu pun perusahaan di Indonesia untuk memproduksi bola resmi Piala Dunia.

Hanya saja, Pursche tak menampik bahwa pihaknya menjalin kerja sama dengan salah satu perusahaan di Indonesia. Namun, kerja sama ini hanya sebatas membuat replika Al Rihla untuk suvenir, bukan bola resmi yang dipakai dalam pertandingan Piala Dunia 2022 di Qatar.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri (Kemlu RI) mengeklaim bahwa bola resmi Piala Dunia 2022 dibuat di Indonesia. Kemlu RI menyatakan Al Rihla diproduksi langsung di Madiun, Jawa Timur.

Dikutip dari laman resmi Kemlu RI, perusahaan yang ditunjuk langsung untuk memproduksi Al Rihla adalah Global Way Indonesia (GWI). Kemlu RI menyatakan bahwa adidas menjalin kerja sama dengan GWI lantaran perusahaan tersebut telah memiliki banyak sertifikasi dan segudang pengalaman.

Di lain sisi, GWI sejatinya tak pernah mengeklaim jikalau pihaknya merupakan produsen bola resmi Piala Dunia 2022. Dalam situs resminya, GWI justru secara gamblang menyatakan bahwa mereka hanya membantu memproduksi suvenir ajang empat tahunan tersebut.(da)