FIFA Resmi Rilis Al Hilm, Bola Semifinal dan Final Piala Dunia 2022

Al Hilm akan dipakai di babak semifinal dan final Piala Dunia 2022. (Tangkapan layar web adidas.co.id)
Al Hilm akan dipakai di babak semifinal dan final Piala Dunia 2022. (Tangkapan layar web adidas.co.id)

Gemapos.ID (Jakarta) - FIFA resmi merilis bola baru yang akan digunakan untuk pertandingan semifinal dan final Piala Dunia 2022 dengan nama Al Hilm, menggantikan Al Rihla.

Dalam bahasa Arab, Al Hilm bermakna sebagai 'mimpi'. Bola ini melanjutkan kiprah bola sebelumnya Al Rihla yang bermakna 'perjalanan'.

Sejumlah teknologi tak kalah canggih ada di Al Hilm. Dilansir dari laman resmi FIFA, disebutkan bahwa di dalam bola Al Hilm ada teknologi 'connected ball'. Teknologi dari Adidas ini disebut akan sangat membantu dan belum ada dalam bola Al Rihla.

Connected ball' ini dikombinasi dengan data posisi pemain. Inovasi ini menawarkan data instan Video Match Officials (VMO), untuk membantu mengoptimalkan pengambilan keputusan wasit.

Dengan menggabungkan data bola yang ditangkap oleh sensor IMU di dalam bola dan menerapkan kecerdasan buatan, teknologi baru ini mendukung sistem offside semi-otomatis, terutama situasi offside ketat.



Direktur Teknologi dan Inovasi Sepak Bola FIFA, Johannes Holzmuller, mengatakan dari teknologi ini informasi tambahan akan didapat wasit. Keputusan wasit diyakini akan semakin presisi.

"Dengan perkembangan teknologi bola yang terhubung, Adidas memungkinkan lapisan informasi tambahan yang penting tersedia bagi ofisial pertandingan video. Data dari bola membuka wawasan baru," katanya.

Al Hilm dirancang dengan memperhatikan unsur peduli lingkungan (komponen bola dipertimbangkan dengan sangat cermat). Ini bola pertama yang dibuat hanya menggunakan tinta dan lem berbahan dasar air.

Desainnya diatur dengan warna dasar emas bertekstur yang menampilkan pola segitiga halus. Ini mengambil inspirasi dari padang pasir yang berkilauan di wilayah yang mengelilingi kota Doha, Qatar.


"Al Hilm mewakili suar cahaya pada kekuatan olahraga dan sepak bola untuk menyatukan dunia. Jutaan orang akan menonton dari hampir setiap negara di seluruh dunia," kata Manajer Umum Sepak Bola Adidas, Nick Craggs.

"Kami berharap semua tim yang terlibat dalam tahap akhir turnamen mendapatkan keberuntungan terbaik karena mereka bersaing di panggung terbesar."

Empat tim yakni Kroasia, Argentina, Maroko, dan Prancis telah memastikan lolos ke babak semifinal Piala Dunia 2022. Kroasia akan bertemu Argentina pada Rabu (14/12) dini hari WIB dan sehari berselang Prancis berjumpa Maroko pada Kamis (15/12) dini hari WIB.(da)