Penting Bagi Pekerja! Coba 3 Tips Atasi Stres dalam Dunia Kerja Berikut Ini

Ilustrasi: Pekerja yang mengalami stres dan kelelahan dalam berkerja
Ilustrasi: Pekerja yang mengalami stres dan kelelahan dalam berkerja

Gemapos.ID (Jakarta) - Di dalam dunia kerja terdapat begitu banyak tuntutan dan tantangan dalam menyelesaikan tugas-tugas sesuai dengan waktu yang telah diberikan oleh atasanmu.

Adanya tekanan dan padatnya jadwal bisa membuat kamu stres dalam melaksanakan pekerjaanmu, berikut 3 tips mengatasi stres dalam dunia kerja yang bisa kamu coba lakukan.

1. Jangan memaksakan diri

Jangan terlalu memaksakan diri untuk bisa mengejar target tertentu maupun melakukan sesuatu di luar batas kemampuanmu.

Penting bagi kamu untuk mengenal seperti apa batas kemampuan dari dirimu dalam dunia kerja yang sedang kamu jalani. Berilah sedikit jeda untuk kamu beristirahat sejenak dan menenangkan pikiran untuk mengumpulkan energi.

Terlalu memaksakan diri dalam bekerja dapat berakibat kurang baik pada tubuhmu, mulailah untuk memperhitungkan waktu yang bisa kamu gunakan untuk bekerja dan menyisihkan waktu untuk kamu beristirahat.

Sehingga kamu bisa menyesuaikan kapan kamu akan menyelesaikan pekerjaanmu dan kapan kamu mengambil waktu untuk beristirahat.

2. Mencari hiburan di sela waktu

Padatnya jadwal kerja membuat kamu kesulitan untuk beristirahat, dampak buruknya kamu bisa stres dan tentunya akan mempengaruhi kinerja kamu ke depannya.

Sebagai alternatif, mungkin kamu bisa menyediakan waktu agar bisa mengajak teman atau pacarmu melakukan hal-hal menarik sebagai hiburan. 

Selain itu, kamu juga bisa bermain games atau bersantai untuk bisa melupakan sejenak tentang pekerjaanmu. Mencari pengalihan dari dunia kerja memang diperlukan agar kamu bisa mengumpulkan energi untuk kembali bisa bekerja keras nantinya.

3. Menikmati waktu untuk liburan

Terlalu sibuk dengan pekerjaan tentu akan membuat kamu stres jadi, tidak ada salahnya untuk kamu menyisihkan sedikit waktu untuk berlibur dengan keluarga, teman maupun orang tersayang.

Meski hanya sebentar, menikmati waktu liburan akan membuat kamu sedikit merasakan ketenangan, kebahagiaan dan mampu menghilangkan rasa jenuh dan stres yang melandamu.

Pergilah ke pantai atau suasana pegunungan atau tempat dengan nuansa alam yang menenangkan agar kamu bisa kembali semangat menjalani rutinitas setelah itu. Apa pun liburan yang kamu lakukan tentu akan berdampak positif pada dirimu.

Nah, itulah tiga tips mengatasi stres dalam dunia kerja yang bisa kamu coba. Apa kamu tertarik? Atau mungkin kamu sudah mencobanya?(ysl/ra)