Kalau ke NTT, Kamu Wajib Coba 5 Rekomendasi Makanan Khas NTT Berikut Ini

Ilustrasi: Jagung Bose kuliner khas NTT
Ilustrasi: Jagung Bose kuliner khas NTT

Gemapos.ID (Jakarta) - Jika membahas Nusa Tenggara Timur atau NTT, yang paling terkenal dari kawasan tersebut pastilah Pulau Komodo. Pulau ini memang menjadi salah satu daya tarik utama di sektor pariwisata NTT. Selain pariwisata, hal lain yang unik dari NTT dan patut mendapat lebih banyak sorotan dari wisatawan adalah kulinernya. 

Makanan khas NTT gurih dan kaya rempah. Sangat sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Kalau ke NTT, kamu wajib banget cobain kulinernya yang enak dan beragam. 

Penasarankan? Yuk, simak berikut ini beberapa rekomendasi makanan khas NTT yang enak dan unik banget!

1. Kolo

Kolo adalah nasi bakar yang dimasak di dalam bambu muda sepanjang 30 cm. Proses pembakarannya dilakukan di atas bara api selama setengah jam. 

Rasa Kolo sangat khas karena menggunakan bumbu-bumbu khas NTT dan aromatik karena dibakar dalam bambu. 

2. Jagung Bose

Jagung bose adalah makanan yang posisinya sering menggantikan nasi di NTT. Jagung bose terbuat dari jagung dan kacang-kacangan yang dimasak dengan kuah santan. 

Labu dan sayuran lain juga kadang  dimasukkan dalam olahan ini. Jagung bose sering disantap dengan lauk daging ayam atau sapi.

3. Kue Jawada

Kue jawada adalah kue tradisional yang populer di kalangan masyarakat Flores. Kue ini disebut juga kue rambut karena tampilannya mirip rambut. 

Kue jawada terbuat dari campuran tepung beras, gula aren, santan, air nira, garam dan minyak. Biasanya kue jawada disantap masyarakat dengan kopi atau teh hangat.

4. Rumpu Rampe

Rumpu rampe adalah hidangan rumahan masyarakat NTT berupa tumisan berbahan dasar daun dan bunga pepaya. Bahan lain yang digunakan ada bawang merah, bawang putih, cabai, dan penyedap.

Rumpu rampe sendiri adalah istilah yang berarti ramai, banyak, dan beragam. Biasanya, Rumpu rampe dihidangkan bersama dengan jagung bose.

5. Sei Daging Sapi

Sei daging sapi adalah daging sapi yang dipotong memanjang kemudian dimasak dengan proses pengasapan. Sei daging sapi di NTT berbeda dengan sei daging sapi lainnya. Masyarakat NTT menggunakan arang dan kayu tanaman kosambi dalam proses pengasapan.

Dulunya, masyarakat di Pulau Rote, menggunakan bahan daging buruan seperti rusa dan babi hutan untuk menjadi sei. Tapi kini menggunakan daging sapi.

Nah, itulah rekomendasi makanan khas NTT yang wajib banget kamu cobain, karena semuanya enak dan pastinya berkesan di lidahmu. Semoga bermanfaat!(kmr/pa)