Apa Alasan Pupuk Kaltim Tidak Izinkan Polisi Selidiki Ledakan?

Kepolisian Resor (Polres) Bontang mengemukakan Kawasan Pupuk Kaltim (PKT) tidak bisa dimasukinya akibat larangan perusahaan tersebut.
Kepolisian Resor (Polres) Bontang mengemukakan Kawasan Pupuk Kaltim (PKT) tidak bisa dimasukinya akibat larangan perusahaan tersebut.

Gemapos.ID (Jakarta) - Kepolisian Resor (Polres) Bontang mengemukakan Kawasan Pupuk Kaltim (PKT) tidak bisa dimasukinya akibat larangan perusahaan tersebut. 

Padahal, pihak ini akan menyelidiki penyebab ledakan pabrik 5 yang terjadi pada Sabtu (23/7/2022) sekitar pukul 12.00 Wita.

Insiden ledakan Pabrik 5 Pupuk Kaltim dengan gas beracun mencemari udara di Kalimantan Timur (Kaltim) beredar di media sosial (medsos).

"Pada dasarnya kami quick response mendatangi lokasi, sudah berupaya koordinasi, namun dari pihak PKT menyatakan perlu surat dan sebagainya sehingga belum bisa melakukan penyelidikan lebih lanjut,” kata Kasat Reskrim Polres Bontang Iptu Bonar Hutapea di Bontang, Kaltim pada akhir pekan lalu.

Pupuk Kaltim menanggapinya perusahaan ini melakukan shut-down. karena terjadi malfungsi pada salah satu instrumen. Pada saat melakukan proses restart, terjadi over-firing.

“Tidak ada korban dalam kejadian ini,” kata Senior Vice President (SVP) Sekretaris Perusahaan PT Pupuk Kaltim (PKT), Teguh Ismartono pada akhir pekan lalu. 

Kondisi ini ternotifikasi langsung secara cepat oleh tim di central control room Pupuk Kaltim, sehingga dapat ditanggulangi dengan sigap. Selanjutnya, tim teknis perusahaan ini melakukan investigasi tentang penyebab over firing.

Selain itu akan dilakukan evaluasi ulang dan perbaikan kerusakan pabrik 5 Pupuk Kaltim akan dilakukan jika ditemukan kejadian tadi. Selanjutnya, pabrik akan direaktivasi kembali. 

“Para karyawan kami, terutama mereka yang bekerja di pabrik memiliki otoritas penuh dan wajib untuk stop bekerja, bilamana mendapati potensi tidak aman. Tentunya dengan adanya kebijakan K3 yang preventif dan mitigatif, kejadian ini dapat ditanggulangi dengan baik,” ucap Teguh Ismartono. 

Apalagi, proses produksi Pupuk Kaltim dinilai menggunakan bahan baku yang aman sesuai peraturan yang berlaku. Jadi, ini tidak perlu khawatir kemunculan gas racun yang terlepas ke udara.

Sebuah rekaman video amatir menunjukkan adanya kepulan asap di area Pabrik Kaltim V PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) beredar di media sosial, Sabtu 23 Juli 2022.

Sebelumnya, rekaman video amatir tampak kepulan asap di sebuah pabrik berdurasi 32 detik. Dugaan asap itu berasal dari ledakan di pabrik Kaltim 5, area PT Pupuk Kaltim sekira pukul 11.00 Wita.

Sang perekam video tampak panik sambil menyebutkan telah terjadi ledakan diduga di pabrik Kaltim 5. 

“Meledak, meledak Kaltim 5,” ucap perekam video.

Warga juga panik kemungkinan asap beracun yang keluar akibat ledakan itu.

“Eh racun itu,” tuturnya.