Panglima TNI Terima Kunjungan CJCS AS untuk Jalin Kerja Sama TNI dengan Militer AS

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Jenderal Mark Milley  di Lapangan Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta.
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Jenderal Mark Milley di Lapangan Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta.

Gemapos.ID (Jakarta) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) jalin kerja sama militer dengan Amerika Serikat. Kerja sama tersebut ditandai dengan kunjungan Chairman of The Joint Chiefs of Staff (CJCS) General Mark AA Milley di Mabes TNI, Jakarta, pada hari ini (24/7/2022).

Diketahui, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menerima kunjungan tersebut dengan diawali upacara kehormatan di lapangan Plaza Mabes TNI. Sedangkan, peserta yang hadir dalam upacara terdiri atas pasukan Kostrad, Marinir, dan Paskhas.

"Kedatangan ini setelah 14 tahun tidak melaksanakan kunjungan kerja ke Indonesia," kata Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Kemudian, saat upacara kehormatan, diperdengarkan lagu kebangsaan Amerika Serikat dan lagu Indonesia Raya. Kunjungan itu dilakukan menjelang latihan bersama Garuda Shield di Pusat Pelatihan Tempur (Puslatpur).

Sementara itu, Andika menjelaskan dalam latihan itu menggunakan 611 senjata dari AS, dan ada sebanyak 1.125 personel yang terlibat.

Tak hanya itu, Amerika juga mengerahkan 11 helikopter terdiri atas empat jenis Apache dan tujuh jenis Black Hawk. Kemudian puluhan kendaraan darat hingga alat berat.(ant/ar)