Kodim 0309/Solok Berhasil Gagalkan Pengiriman Paket Ganja Kering

Ilustrasi: ganja kering
Ilustrasi: ganja kering

Gemapos.ID (Jakarta) - Anggota Kodim 0309/Solok menggagalkan pengiriman paket ganja seberat lebih kurang lima kilogram yang akan dikirimkan ke Jakarta dengan menggunakan Bus PO Palala di Terminal Bareh Solok, Sumatera Barat.

Babinsa Koramil 01/Kota Solok Serda Yesnedi Indra, di Solok, pada sabtu (10/9/2022), menjelaskan kronologis kejadian sekitar pukul 11.45 WIB. Bus Palala yang dinaikinya disetop oleh dua orang tidak dikenal di Simpang Umbilin/rel kereta api, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok dengan menggunakan sepeda motor dan memberikan jasa pengiriman sebesar Rp100 ribu kepada sopir.

Pada saat itu, mereka mengatakan paket tersebut berisi makanan, dengan tujuan ke Pondok Pinang, Jakarta.

"Paket tersebut sudah ditulis sesuai alamat tujuan, yakni kepada Danil Bakri HP 082310682187 alamat Pondok Pinang, Jakarta," sambungnya.

Kemudian pada pukul 12.45 WIB, Bus Palala nomor pelat BA 7001 PU tiba di Terminal Bareh Solok, Kota Solok dengan identitas sopir Wendri J (50) yang tinggal di Simpang Hilia, Jorong Barang, Biaro Gadang, Ampek Angkek, Kabupaten Agam.

Setibanya di Terminal Bareh Solok, sopir Bus Palala melaporkan kepada pengurus loket Bus Palala, karena merasa curiga atas paket yang dikirim oleh kedua orang tersebut karena diberikan ongkos kirim yang terlalu besar.

Karena merasa curiga dengan paket tersebut, pengurus loket Bus Palala Terminal Bareh Solok langsung menghubungi Babinsa Koramil 0309-01/Kota Solok Serda Yasnedi Indra NRP 31010032790481 jabatan Babinsa Koramil 0309-01/Solok Kota.

Ketika dimintai keterangan, Serda Yesnedi Indra Babinsa Koramil 01/Kota Solok menjelaskan, dengan adanya laporan dari pengurus loket Bus Palala Terminal Bareh Solok, Serda Yesnedi Indra langsung menghubungi anggota Unit Intel Kodim 0309/Solok Serka Doni, Serda N. Barus dan Serda Asril.

Setelah menghubungi anggota Unit Kodim 0309/Solok, selanjutnya Serda Yesnedi Indra berkoordinasi dengan anggota Polsek Kota Solok dan Satnarkoba Polres Kota Solok.

Kemudian Serda Serda Yesnedi Indra mengatakan, sekitar pukul 12.45 WIB, tim gabungan Kodim 0309/Solok bersama Polres Solok Kota langsung menurunkan paket berisi narkoba jenis ganja untuk diperiksa.

Setelah diperiksa oleh tim gabungan, hasilnya bahwa paket tersebut benar berisi ganja kering seberat lebih kurang 5 kg, dan barang bukti sudah diamankan oleh Sat Narkoba Polres Solok Kota yang dipimpin Kasat Narkoba Iptu Riko Putra Wijaya, kata Serda Yesnedi Indra.(ant/ra)