Panglima TNI Bersama Dubes Jepang Bahas Kerja Sama Pertahanan dan Keamanan

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa

Gemapos.ID (Jakarta) - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji sudah membahas rencana kerja sama. Rencana yang mereka bahas terkait dengan bidang pertahanan dan keamanan di kawasan Asia.

Hal itu, disampikan Andika Perkasa seperti dikutip dari kanal YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa di Jakarta, hari ini (24/3/2022).

"Saya ingin hubungan kerja sama Indonesia dan Jepang di berbagai sektor terus ditingkatkan," kata.

Ia berharap hubungan bilateral Indonesia dan Jepang, khususnya di bidang militer, semakin kuat. Kerja sama yang sudah terjalin diproyeksikan bukan hanya melalui latihan bersama dan program kerja pengadaan alat utama sistem pertahanan (alutsista).

Selain itu, ia juga berharap hubungan atau koneksi antara prajurit Japan Self Defence Force (JSDF) dan TNI juga semakin erat.

Sebelumnya, Andika mengatakan dirinya telah berbicara dengan Kepala Staf Angkatan Darat Jepang terkait rencana latihan bersama antara tentara AD kedua negara. TNI banyak belajar dari militer Jepang.

"Khususnya dalam hal manajemen bencana," tambahnya.

Sementara itu, Andika menilai Jepang memiliki pengalaman dalam penanganan bencana, sehingga layak untuk dicontoh dalam manajemen bencana.

Dalam kesempatan itu, Kanasugi Kenji mengatakan optimalisasi di bidang pertahanan dan keamanan kedua negara, melalui kerja sama pengadaan alutsista hingga latihan bersama, baik untuk dilakukan.

"Kami sangat menantikan untuk ambil bagian pada Garuda Shield Indonesia," ujarnya.

Selain itu, ia juga menilai kerja sama antara kedua negara penting dilakukan, terutama dalam membangun kekuatan pertahanan dan keamanan khususnya di kawasan Asia.(ant/ra)