Puan: Harkitnas Momentum Bangkit dari Covid-19

Ketua DPR RI Puan Maharani
Ketua DPR RI Puan Maharani

Gemapos.ID (Jakarta) - Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) menurut Ketua DPR Puan Maharani sebagai momentum rakyat Indonesia memperkuat persatuan dan gotong royong. 

Puan yakin, Indonesia mampu segera bangkit dari pandemi Covid-19 jika bersatu padu dalam semangat gotong royong antar elemen bangsa,

“Peringatan Harkitnas harus menjadi momentum bagi masyarakat Indonesia untuk segera bangkit dari Covid-19,” kata Puan dalam keterangannya, Jumat (20/5/2022).

Saat ini, kata Puan kerja sama dalam menghadapi pandemi Covid-19 telah membuahkan hasil yang positif, mengingat kini Indonesia sudah siap memasuki masa endemi.

“Saat ini, sektor industri, pertanian, pariwisata, hingga ekonomi kreatif mulai menunjukkan pergerakan ke arah yang positif,” ungkapnya.

Meski begitu, ia meminta semua pihak tidak terbuai sekaligus tetap meningkatkan kewaspadaan. 

Berbagai kebijakan pemerintah, harus tetap mengedepankan unsur kehati-hatian termasuk pelonggaran penggunaan masker yang dinilai harus disikapi dengan bijaksana.

“Protokol kesehatan tetap harus diterapkan di seluruh wilayah dengan pengawasan yang bertanggung jawab,” tegasnya. 

Dengan kedisiplinan penerapan protokol kesehatan, ia yakin dapat menjaga kondisi kesehatan masyarakat, sehingga pemulihan ekonomi akan semakin baik.

Pada peringatan Harkitnas kali ini, Puan juga mengajak seluruh putra-putri bangsa untuk selalu merawat semangat persatuan seperti yang digagas oleh perkumpulan Boedi Oetomo. 

Dengan begitu, menurutnya cita-cita para pendiri bangsa agar Indonesia menjadi negara maju dapat terwujud.

“Pada 20 Mei 1948, Bung Karno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai hari bangkitnya nasionalisme Indonesia. Semangat nasionalisme itu yang harus selalu kita jaga dalam membangun bangsa dan negara sehingga Indonesia bisa menjadi hebat,” tutup Puan. (rk)