Jelang Mudik, Puan Ingatkan Pemerintah Potensi Kemacetan Parah

Ketua DPR RI Puan Maharani
Ketua DPR RI Puan Maharani

Gemapos.ID (Jakarta) - Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan pemerintah menyoal potensi kemacetan parah yang mungkin terjadi pada mudik saat perayaan Idul Fitri tahun 2022.

Ia meminta pemerintah untuk memfasilitasi masyarakat yang hendak mudik sebaik mungkin.

“Segala persiapan dan langkah antisipasi harus disiapkan pemerintah sebaik dan sedini mungkin agar masyarakat bisa mudik dengan selamat dan tenang. Siapkan skenario terburuk jika terjadi kemacetan parah di luar prediksi,” kata Puan dalam keterangannya, Selasa (20/4/2022).

Diperkirakan, sebanyak 80 juta orang mudik ke kampung halamannya dan 14 juta di antaranya berasal dari wilayah Jabodetabek.

Dari hasil survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), sebanyak 23 juta roda empat dan 17 juta sepeda motor akan bergerak bersama pemudik.

Puan mengatakan kementerian dan instansi yang terlibat dalam penanganan mudik Lebaran 2022 harus mempersiapkan infrastruktur, sarana, dan prasarana yang memadai bagi pemudik.

“Kita memaklumi antusias warga mengingat akibat pandemi COVID-19, sudah 2 tahun masyarakat tidak diperkenankan mudik saat Lebaran 2022. Antusiasme mudik yang tinggi ini harus disikapi dengan persiapan matang dari pihak otoritas,” ujar Puan.

Mantan Menko PMK itu mengingatkan pentingnya setiap detail kebutuhan masyarakat dipersiapkan selama perjalanan mudik. Puan mengatakan pengamanan di setiap titik keramaian penting dilakukan.

"Jangan sampai karena kurangnya persiapan, terjadi lagi kemacetan hingga 20 jam di dalam tol dan memakan korban jiwa seperti pada 2016,” kata dia. (rk)