Jokowi ke Prabowo-Gibran: Siapkan Rencana, Habis Dilantik Langsung Kerja

Tangkapan Layar - Presiden Jokowi saat menghadiri Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2024, di ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu (24/4/2024). (gemapos/Youtube sekretariat Presiden)
Tangkapan Layar - Presiden Jokowi saat menghadiri Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2024, di ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu (24/4/2024). (gemapos/Youtube sekretariat Presiden)

Gemapos.ID (Jakarta) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih hari ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Prabowo-Gibran untuk mematangkan perencanaan terkait apa yang sudah dikampanyekan agar usai pelantikan langsung kerja.

"Kemudian hari ini juga KPU menetapkan. Artinya apa? presiden dan wakil presiden terpilih harus mempersiapkan diri dengan perencanaan-perencanaan yang sudah dikampanyekan untuk masuk nanti setelah pelantikan langsung kerja," kata Jokowi usai menghadiri Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2024, di ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu (24/4/2024).

Ditanya soal tim transisi, Jokowi menyebut pemerintah tidak membentuk tim tersebut. Kendati demikian, pemerintah membantu agar proses transisi berjalan mulus.

"Ndak, ndak, ndak. Kita itu menyiapkan agar transisinya itu bisa berjalan mulus dan baik sehingga presiden dan wakil presiden terpilih bisa langsung bekerja setelah dilantik. Kalau itu juga diminta dari presiden dan wakil presiden terpilih," ujarnya.

Jokowi meminta semua pihak untuk menghormati putusan MK. Menurutnya, putusan itu bersifat final dan mengikat.

"Kan tahapan proses itu kan sudah hampir selesai semuanya. MK sudah, kita harus menghormati putusan MK sebagai sebuah putusan yang final dan mengikat," ucapnya. (ns)