Gibran Soal Presidential Club: Bagus untuk Menyatukan Pemimpin Senior

Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka. (gemapos/arsip)
Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka. (gemapos/arsip)

Gemapos.ID (Jakarta) - Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka merespon rencana Presiden terpilih Prabowo Subianto membuat 'presidential club'. Menurut Gibran, 'presidential club' untuk menyatukan para mantan pemimpin dan sesepuh.

"Oh presidential club ya, saya kira bagus ya, untuk menyatukan mantan pemimpin-pemimpin, senior-senior, sesepuh-sesepuh, saya kira bagus ya," kata Gibran dilansir detikJateng, Senin (6/4/2024).

Menurut Gibran, dengan adanya 'presidential club', Prabowo bisa mendapat masukan dari presiden sebelumnya yang sudah berpengalaman. Perkumpulan para pemimpin negara diharapkan bisa menunjukkan bahwa pemimpin bangsa Indonesia kompak, rukun, dan guyub.

Diketahui, 'presidential club' merupakan perkumpulan yang berisikan para presiden Indonesia terdahulu seperti Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hingga Joko Widodo (Jokowi).

"Agar bisa mendapatkan masukan-masukan dari beliau yang sudah berpengalaman. (Minta masukan dari Megawati) ya semua kami akan mintai pendapat, senior, pimpinan-pimpinan yang berpengalaman memimpin negara pasti kami mintai pertimbangan, itulah kenapa ada 'presidential club'," jelasnya.

Meski Presiden ke-5 Megawati belum masuk koalisi, Gibran tidak mempersoalkan. Menurutnya, masukan untuk pemerintah selanjutnya tidak harus berada di dalam koalisi.

"Yang namanya masukan, evaluasi, pendapat itu bisa dari orang di dalam atau di luar koalisi, tidak masalah," tuturnya. (ns)