Menarik, WWF Ke-10 Bali Dibuka Dengan Upacara 'Melukat' dan Tabuh 'Gong Gede'

Logo Worl water Forum ke-10 di Bali. (Foto:gemapos/world water forum)
Logo Worl water Forum ke-10 di Bali. (Foto:gemapos/world water forum)

Gemapos.ID (Jakarta) - Rangkaian World Water Forum ke-10 di Bali diawali Upacara Melukat pada Balinese Water Purification Ceremony. Selain itu, terdapat Tabuh Gambelan Gong Gede dilakukan untuk menyambut para delegasi negara peserta dan tamu negara lainnya.

Seperti dikutip pada detik.com, Upacara Melukat digelar pada pukul 15.00 WITA di Pantai Surf Surf By The Wave, Kawasan Kura Kura Bali, Denpasar, Sabtu (18/5/2024). Diketahui, Tabuh Gambelan Gong Gede, oleh masyarakat Bali biasanya diperuntukkan mengiringi tarian sakral, mengiringi acara.

Kemudian prosesi pemujaan dengan gelaran tarian sakral sebagai media persembahan dilakukan. Tarian tersebut adalah Topeng Panasar, Sang Hyang Jaran, Sang Hyang Dedari, Baris Cerkuak, Rejang Putri Maya, dan Tari Topeng Sidikarya.

Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya menyampaikan pengantar selaku tuan rumah gelaran World Water Forum ke-10, sebekum Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberi sambutan. Pendeta dan seluruh umat Hindu yang hadir sembahyang bersama untuk kelangsungan acara.

Prosesi diakhiri dengan pelepasan satwa ke alam liar. Satwa tersebut di antaranya 1.000 ekor tukik, 1.000 ekor burung, dan 5 ekor penyu.

Sebagai informasi, forum air terbesar dunia World Water Forum ke-10 pada 18--25 Mei 2024. Isu yang menjadi fokus dalam forum ini ada empat hal yaitu:

1. yakni konservasi air (water conservation)

2. air bersih dan sanitasi (clean water and sanitation)

3. ketahanan pangan dan energi (food and energy security),

4. mitigasi bencana alam (mitigation of natural disasters).(ns)