Survey Populi Center: Prabowo Gibran Bisa Menang Satu Putaran

Tangkapan layar - Sampul rilis hasil survey Populi Center tentang posisi elektoral jelang pemilu 2024. (gemapos)
Tangkapan layar - Sampul rilis hasil survey Populi Center tentang posisi elektoral jelang pemilu 2024. (gemapos)

Gemapos.ID (Jakarta) - Jelang memasuki Masa Kampanye Pemilu, Populi Center merilis hasil survey elektabilitas pasangan Calon presiden dan wakil presiden peserta pemilu 2024 nanti. Dalam survey tersebut nampak elektabilitas dari pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka ungguldengan capaian 43,1%.

Hasil tersebut diungkap oleh Hartanto Rosojati Peneliti Populi Center dalam rilis Survei lembaga tersebut melalui Virtual Zoom bertajuk ‘Starting Point: Posisi Elektoral Jelang Kampanye Pemilu 2024’, Kamis (9/11).

“Pada simulasi pasangan Capres-Cawapres, pasangan dengan tingkat keterpilihan tertinggi adalah Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dengan 43,1%, disusul Ganjar-Mahfud 23,0% dan Anies-Muhaimin 22,3%. Adapun, yanf belum memutuskan pilihan sebesar 10% dan menolak menjawab sebesar 1,6%.” jelas Hartanto.

Hartanto juga menyebut bahwa dari ketiga pasangan calon, Prabowo - Gibran diangggap paling mungkin untuk menang dalam satu putaran.

“Dari tiga pasangan capres-cawapres, pasangan Prabowo-Gibran dianggap sebagai pasangan yang paling mungkin menang dalam satu putaran dengan 42,5%,” papar Hartanto.

Survei Populi turut menganalisa sejumlah alasan mengapa Elektabilitas pasangan Capres-Cawapres cenderung tertinggi dikarenakan ada sejumlah faktor.

Diantaranya, adanya dukungan usia milenial, elektabilitas terbuka Prabowo-Gibran meningkat, naiknya dukungan pemilih dari Jawa, mendapat dukungan pemilih protestan, dukungan dari pemilih NU dan Muhammadiyah serta mendapat dukungan dari pemilih Jokowi.

“Terdapat pergeseran yang cukup signifikan dari pemilih pemula berusia kurang dari 35 tahun. Ketika Prabowo-Gibran berpasangan, dukungan dari pemilih berusian kurang dari 35 tahun meningkat menjadi 54,7%.” tutur Hartanto

Selain itu, Elektabilitas terbuka Prabowo Gibran mengalami peningkatan cukup tinggi dari 26,8% di bulan September menjadi 35,1% di bulan November.

“Pada top of mind cawapres, ketiga cawapres saat ini mendapatkan elektabilitas tiga teratas. Di antara ketiga kandidat tersebut nama Gibran mengalami peningkatan elektabilitas yang cukup tinggi yakni 1,5% di bulan September menjadi 25,9%.” lanjutnya

Kemudian, dukungan terhadap Prabowo dari pemilih Jawa pada September sebesar 31,7% namun saat berpasangan dengan Gibran dukungan dari pemilih Jawa sebesar 40%.

Survei Populi ini dilakukan pada 29 Oktober - 5 November 2023 dengan jumlah responden 1200 dipilih secara acak bertingkat (Multistage Random Sampling) dengan metode wawancara tatap muka dengan menggunakan aplikasi Populi Center. Margin of Error kurang lebih 2,8% pada tingkat kepercayaan 95%. (ns)