Survey PWS: Prabowo-Gibran 52,3%, Mungkinkan Satu Putaran

Pasangan Calon (paslon) Capres -cawapres pemilu 2024. (gemapos/rri.go.id)
Pasangan Calon (paslon) Capres -cawapres pemilu 2024. (gemapos/rri.go.id)

Gemapos.ID (Jakarta) - Political Weather Station (PWS) merilis hasil survei terkait elektabilitas capres-cawapres peserta pemilu 2024. Hasilnya, Paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menempati posisi teratas.

Direktur Riset PWS, Sharazani MA menyebut hasil survey tersebut menunjukan bahwa paslon Prabowo-Gibran bisa menang dalam Pemilu.

"Hasil survei PWS menunjukkan bahwa seandainya Pilpres dilaksanakan saat ini, pasangan Prabowo-Gibran akan keluar sebagai pemenang dengan tingkat keterpilihan 52,3%," ujar Sharazani dalam jumpa pers, Jumat (26/1/2024).

Dirinya bahkan menyebut dengan trend elektabilitas tersebut menunjukan bahwa pemilu bisa berlangsung hanya dalam satu putaran.

"Dengan demikian, jika trend elektabilitas ini bertahan terus hingga 14 Februari 2024 nanti maka Pilpres 2024 akan berlangsung dalam satu putaran. Sebagaimana diinginkan oleh mayoritas publik, Pilpres 2024 cukup berlangsung dalam satu putaran saja," ungkapnya.

Sebagai informasi, survei ini dilakukan pada periode 21 Januari hingga 25 Januari 2024 di 34 Provinsi RI dengan jumlah sampel 1.200 responden. Teknik pengumpulan data dengan wawancara melalui telepon dengan pedoman kuesioner.

Metode survei menggunakan teknik pencuplikan acak atau multistage random sampling dengan margin of error (MoE) +- 2,83% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Survei ini juga dilengkapi dengan penelusuran data percakapan warganet (netizen) melalui media monitoring dari berbagai platform media sosial.

Terkait hasil elektabilitas paslon Pilpres, responden diberi pertanyaan 'Seandainya Pilpres dilaksanakan saat ini pasangan manakah yang Anda pilih?'. Hasilnya, Prabowo-Gibran memperoleh 52,3%.

Berikut elektabilitas paslon:

- Prabowo-Gibran: 52,3%
- Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 21,3%
- Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 19,7%
- undecided voters: 6,7%. (ns)