Kejagung Sebut Periksa Sandra Dewi Soal Rekening yang Diblokir

Sandra Dewi dan Harvey Moeis. (foto: gemapos/detiknews)
Sandra Dewi dan Harvey Moeis. (foto: gemapos/detiknews)

Gemapos.ID (Jakarta) - Direktur Penyidikan Jampidsus Kejaksaan Agung, Kuntadi menyebut pemanggilan aktris Sandra Dewi ke Kejagung untuk diperiksa terkait rekening yang telah diblokir. Sandra Dewi sebelumnya dkabarkan akan diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi dalam tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2022 yang menjerat suaminya, Harvey Moeis. 

"Hari ini kita lakukan pemanggilan terhadap saksi SD dalam rangka untuk meneliti terhadap beberapa rekening yang telah kita blokir tempo hari dalam rangka untuk memilah ya mana yang diduga ada kaitannya dengan tindak pidana yang diduga dilakukan oleh saudara HM dan mana yang tidak terkait," kata Kuntadi di kantornya, Kamis (4/4/2024).

"Sehingga diharapkan kita tidak melakukan tindakan kesalahan di dalam penyitaan, dan hanya sekadar untuk memilah dan memilih saja ya. Itu mungkin urgensinya hanya sebatas itu ya," imbuhnya.

Kuntadi juga mengatakan Sandra juga akan diperiksa terkait rekening milik Harvey yang telah disita. Dia mengatakan pihaknya akan mendalami keterangan Sandra soal apakah rekening itu ada terkait dengan kasus korupsi komoditas timah tersebut.

"Kita hanya sebatas untuk meneliti apakah rekening yang telah kita blokir ada kaitannya atau tidak," ujarnya.

Kuntadi belum menyebutkan nominal nilai dalam rekening Harvey yang telah diblokir. Dia mengatakan proses pengusutan kasus itu masih dilakukan.

"Ada beberapa dan saya belum, nominal tidka bisa kami sebutkan," kata Kuntadi.

"Ya semua masih dalam penelitian semua ya semua masih berproses dan kita tunggulah," imbuhnya

Kuntadi tak menutup kemungkinan untuk melakukan penyitaan kembali terkait kasus tersebut. Dia mengatakan pihaknya tak hanya fokus pada pemeriksaan untuk tersangka Harvey Moeis tapi juga untuk tersangka lainnya.

"Ya tergantung nanti hasil penelusuran aset, kan masih berlangsung ya, kan tidak terfokus pada saudara SD, kan tersangka ada banyak, semua kita telusuri," ujarnya.

Sebagai informasi, Sandra Dewi memenuhi panggilan penyidik Kejagung. Sandra tiba di Kejagung sekitar pukul 09.25 WIB sambil tersenyum menyapa awak media sebelum memasuki ruang pemeriksaan. (ns)