Ini Respon Anies Soal Peluangnya di Pilkada DKI

Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan. (gemapos/Viva)
Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan. (gemapos/Viva)

Gemapos.ID (Jakarta) - Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan merespon mengenai peluang dirinya maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024. Anies mengaku ingin berfokus mengawal hasil perhitungan Pilpres hingga tuntas.

"Kita sekarang sedang berfokus pada penuntasan penghitungan. Kita akan fokus di situ dan gerakan perubahan ini akan terus menjadi bagian dari kita," kata Anies Baswedan saat ditemui di Masjid Nurul Huda, Sunter Agung, Jakarta Utara, Jumat (1/3/2024).

Anies ingin menuntaskan terlebih dahulu perjuangan dalam Pilpres 2024. Sehingga, untuk saat ini ia enggan menengok peluang lain.

"Jadi sekarang ini tidak usah tengok kanan kiri, kita sekarang sedang fokus menuntaskan perjuangan, dan ini adalah amanah jutaan orang. Kita akan perjuangkan terus sampai perubahan bisa terlaksana," jelasnya.

Anies Baswedan sebelumnya memenangkan Pilgub 2017. Kala itu, Anies berpasangan dengan Sandiaga Uno mengalahkan pasangan Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat.

Pada 2018, Anies ditinggal Sandiaga Uno yang mengundurkan diri dari posisi Wakil Gubernur DKI Jakarta. Posisi Sandiaga kemudian digantikan oleh Politikus Gerindra Ahmad Riza Patria pada 2020.

Jika Anies memutuskan untuk maju dan menang dalam Pilgub DKI 2024, maka Anies akan kembali menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta di periode 2024-2029 mendatang. (ns)