HPN 2024, Puan Ajak Masyarakat Berlangganan Media Jurnalistik yang Baik

Ketua DPR RI, Puan Maharani. (gemapos/DPR-RI)
Ketua DPR RI, Puan Maharani. (gemapos/DPR-RI)

Gemapos.ID (Jakarta) - Ketua DPR RI Puan Maharani ajak masyarakat untuk terus mendukung eksistensi Pers di Indonesia. Tedapat beberapa cara yang dapat dilakukan masyarakat untuk mendukung hadirnya pers nasional yang sehat dan berkualitas, dengan cara berlangganan media-media massa yang sudah terbukti memiliki tradisi Jurnalisme yang baik.

"Mendukung eksistensi Pers bisa menjadi salah satu cara untuk menyehatkan demokrasi. Saya mengajak masyarakat untuk berlangganan media massa yang sudah teruji dan dikenal selalu menghadirkan produk-produk jurnalistik yang bagus,” imbaunya dalam keterangan tertulis pada laman resmi DPR RI, Jakarta, Jumat (9/4/2024).

Diketahui bahwa Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2024 mengusung tema ‘Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Keutuhan Bangsa’, insan Pers diajak untuk berpartisipasi secara positif pada Pemilu 2024. Salah satunya turut menyajikan informasi-informasi mengenai Pemilu secara akurat dan berkeadilan.

Adapun peringatan HPN 2024 awalnya akan dilaksanakan di Jakarta pada 7-9 Februari 2024. Namun karena mempertimbangkan kepentingan nasional yang lebih besar dengan adanya pelaksanaan Pemilu 2024, jadwal perayaan HPN 2024 diundur menjadi tanggal 17-20 Februari mendatang.

“Mari hadirkan Pers Indonesia yang berkualitas, sehat, adil, dan junjung tinggi selalu asas kebenaran dan akuntabilitas. Masyarakat berharap banyak terhadap insan Pers, apalagi banyak bertebaran berita-berita bohong setiap saat. Tugas Media massa dan insan Pers adalah menyajikan informasi yang benar demi mencerdaskan rakyat,” lanjutnya.

Selain itu, Puan berharap agar insan Pers dapat membantu menjaga kehormatan bangsa dengan produk-produk jurnalistiknya. Terlebih akan ada banyak wartawan asing dan lembaga pengawas internasional yang akan hadir untuk mengawasi proses Pemilu di Indonesia.

“Mari kita sama-sama jaga nama baik bangsa, dengan bekerja secara kompeten dan terhormat. Jangan sampai karena kealpaan, Indonesia menjadi tercoreng di kancah dunia. Ini menjadi tugas bersama kita,” ujar Puan.

Sementara itu, mantan Menko PMK tersebut mengatakan bahwa dukungan dari masyarakat dapat membantu media massa tetap memproduksi karya-karya jurnalistik terbaik. Mengingat, banyak terjadi pemutusan hubungan kerja terhadap insan-insan Pers andal karena kurangnya modal produksi media.

“Pers yang sehat tentunya akan membantu kemajuan Negara. Untuk itu, dibutuhkan dukungan dari masyarakat terhadap media dan para insan Pers,” sebutnya.

Lebih lanjut, Puan mendorong seluruh pelaku media massa untuk menanamkan nilai-nilai Jurnalisme yang baik. Ia juga berharap seluruh insan Pers terus menjankan fungsinya sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.

"Untuk insan Pers, Selamat Hari Pers Nasional tahun 2024. Hadirkanlah karya-karya terbaik demi Indonesia maju. Teruslah bekerja secara profesional dan bertanggung jawab sesuai Kode Etik Jurnalistik,” ucap Puan.

“Masa depan bangsa ini akan hebat saat semua stakeholder memiliki komitmen dan integritas yang bermartabat, termasuk dari insan Pers. Mari hadirkan Pers Indonesia yang berkualitas, sehat, adil, dan junjung tinggi selalu asas kebenaran dan akuntabilitas,” tutup Puan. (kt)